Jawa Barat Petualangan dan Alam

Apa Yang Dapat Dinikmati Saat One Day Tour Kawah Ratu?

one day tour kawah ratu
sumber: dokumentasi YoExplore
Spread the love


YOEXPLORE.CO.ID – One day tour Kawah Ratu? Ada apa sih di Kawah Ratu? Sahabat explorer pecinta solo camping dan trekking, rasanya pesona keindahan lereng pegunungan tidak pernah kehabisan daya tarik untuk dijelajahi. Indonesia memiliki banyak gunung-gunung yang indah dengan masing-masing keunikannya sendiri. Salah satunya adalah, Gunung Salak di kawasan Bogor. Gunung Salak memiliki spot-spot eksotis yang memukau, jika kamu bukan pendaki profesional, bisa-bisa jadi jatuh cinta dengan mendaki karena gunung yang satu ini.

Gunung Salak

sumber: ilmu geografi

Salah satu ikon wisata alam dari Bogor sang kota hujan ini memang recommended banget bagi para traveler pecinta alam. Sama seperti Gunung Rinjani di Lombok yang memiliki Danau Segara Anak, Gunung Salak juga memiliki Kawah Ratu sebagai daya tarik lainnya. Pesona one day tour Kawah Ratu menawarkan keindahan yang dapat kamu nikmati sambil memacu adrenalin. Hal-hal indah memang perlu perjuangan, untuk mencapai ke Kawah Ratu kamu perlu menelusuri hutan dan sungai yang cukup panjang. 

Letusan Gunung Salak

sumber: travelsblog



Hasil Letusan Gunung Salak

Walau melakukan one day tour Kawah Ratu, di Gunung Salak bukan hanya ada satu kawah lho. Gunung Salak memiliki total sebanyak tiga kawah, yaitu Kawah Hirup, Kawah Ratu dan Kawah Cikuluwung Putri. Yang terakhir  mengalami erupsi freatik pada tahun 1938. Namun Kawah Ratu sendiri awalnya tidak ada dan baru terbentuk ketika terjadi erupsi dahsyat di Gunung Salak. Gunung Salak sendiri diambil dari kata Salaka dalam bahasa Sanskerta  yang berarti perak. Memiliki dua puncak, Puncak Salak 1 merupakan puncak tertinggi Gunung Salak di ketinggian 2.211 meter di atas permukaan laut (mdpl). Lalu puncak keduanya yang berada di ketinggian 2.180 mdpl disebut Puncak Salak 2.

Letusan Gunung Salak

sumber: kabaralam

Sungai Cikuluwung: Pemanis One Day Tour Kawah Ratu

Apa sih yang membuat kegiatan one day tour Kawah Ratu ini terkenal? Kawah Ratu yang ternyata memang sangat cantik ini memiliki daya pikat tersendiri dengan adanya Sungai Cikuluwung. Dilintasi oleh aliran sungai menjadi keunikan yang membedakan Kawah Ratu dengan kawah-kawah lainnya di Indonesia. Sungai dengan panjang lintasan kurang lebih 1 kilometer ini sangatlah indah. Perpaduan antara Kawah Ratu dengan Sungai Cikuluwung tersebut menawarkan panorama alam yang mempesona. Warna biru tosca dari air sungai yang jernih seperti kontras dengan warna kawah yang kekuningan. Fenomena ini disebabkan oleh endapan belerang berwarna kuning yang pada akhirnya menempati dasar sungai. Kamu bisa menikmati perjalanan di sepanjang aliran sungai sambil menikmati Gunung Salak sebagai latar belakangnya. Ada Curug Cikuluwung alias air terjun juga lho!

Curug Cikuluwung

sumber: dokumentasi YoExplore

Keindahan Kawah Belerang

Kawah cantik nan eksotis yang satu ini tidak seperti kawah lainnya yang biasa berada pada puncak gunung. Letak Kawah Ratu berada di lereng gunung, tepatnya posisi perut Gunung Salak. Kawah Ratu yang merupakan salah satu pos peristirahatan para pendaki Gunung Salak, bisa juga dibilang sebagai pos terakhir sebelum masuk ke Puncak Salak Satu 1 yang berada di ketinggian puncak 2.221 mdpl.

Tour Kawah Ratu Jawa Barat

sumber: travel today

Berada di lereng Gunung Salak, keindahan alam saat menikmati one day tour Kawah Ratu sungguh luar biasa. Warna tosca dari air belerang yang jernih dengan endapan belerang yang kekuningan bersatu padu menghasilkan pemandangan yang fantastis. Kepulan-kepulan asap belerang juga ikut menghiasi kunjungan kamu di Kawah Ratu. Potensi alam yang sangat instagramable ini juga mampu memberikan healing di tengah kemumetan new normal. Pohon-pohon mati dengan ranting yang meranggas menambah kesan aesthetic pada saat menikmati one day tour Kawah Ratu. 

Trip Gunung Salak

sumber: dokumentasi YoExplore

Sahabat explorer, curah hujan yang tinggi akan menenangkan kekhawatiranmu atas dahaga. Tersedia banyak mata air dan aliran sungai kecil selama trekking menuju Kawah Ratu. Namun perlu diperhatikan untuk mengikuti instruksi pemandu dalam trekking Kawah Ratu. Pastikan kamu meminum air yang tidak berbau aneh dengan rasa yang juga aneh. Saat mendekati area Kawah Ratu, umumnya air sungai telah tercampur dengan kandungan belerang. Hal ini membuat air menjadi tidak layak untuk diminum.

Gunung Salak

sumber: dokumentasi YoExplore

Fauna Yang Menggemaskan

Alam selalu erat kaitannya dengan flora dan fauna. Selama perjalanan menuju Kawah Ratu atau Puncak Gunung Salak, jangan kaget jika kamu bertemu dengan monyet liar. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena monyet-monyet ini justru sangat menggemaskan. Mereka malah akan bersembunyi di balik pohon jika bertemu manusia. Kamu dapat mengamati tingkah para monyet liar yang menggemaskan saat mereka pergi mencari makanan. One day tour Kawah Ratu yang dihiasi dengan keberadaan fauna menggemaskan satu ini rasanya akan semakin menyenangkan!

Monyet Kawah Ratu

sumber: liputan6

Pesona Mistis Yang Tertutup Keindahan

Di balik pesona keindahan Gunung Salak, terdapat beberapa pesona mistis yang mungkin menarik bagi para penantang adrenalin. Terkenal sebagai Kuburan Pesawat, jangan kaget jika kamu merasakan keangkeran selama menikmati one day tour Kawah Ratu. Apakah sahabat explorer mengingat peristiwa jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 pada 09 Mei 2012? Pesawat tersebut menabrak Gunung Salak dan tragedi naas pun tak terelakkan. Lokasi pesawat yang hancur sendiri berada pada ketinggian 5.500 kaki di atas permukaan laut, tepatnya berada di pinggir tebing Gunung Salak. 

Pesawat Sukhoi Gunung Salak

sumber: nusantaratv

Tahukah kamu, sahabat explorer? Sejarah mencatat bahwa ternyata telah terjadi kecelakaan-kecelakaan pesawat lainnya di Gunung Salak.  Kecelakaan pertama di Gunung Salak adalah jatuhnya Helikopter Sikorsky S-58 jenis Twinpac dengan nomor H-3408 milik TNI Angkatan Udara. Kecelakaan pada tanggal 29 Oktober 2003 ini terjadi pada areal kebun kacang dan tanaman singkong di dalam Pangkalan Udara Militer Atang Senjaya Bogor yang berada di kaki Gunung Salak. Pada tanggal 20 Juni 2004, terjadi kecelakaan Pesawat Cessna 185 Skywagon jatuh di Danau Lido yang merupakan salah satu tempat wisata di kaki Gunung Salak. Kecelakaan ketiga terjadi pada tanggal 26 Juni 2008 ketika Pesawat Cassa TNI AU A212-200 jatuh di kawasan Gunung Salak. 

Pesawat Gunung Salak

sumber: nasional-republika

Masih di kaki Gunung Salak, pesawat latih jenis Beech/Raytheon C23 Sundowner beregistrasi PK-ANW jatuh di daerah Tenjo pada tanggal 30 April 2009. Kecelakaan pesawat kelima terjadi pada tanggal 12 Juni 2012 dimana Heli Puma milik TNI AU kembali jatuh di kawasan Landasan Udara Atang Senjaya. Dan terakhir, pada tanggal 09 Mei 2012, Pesawat Sukhoi Superjet 100 langsung menabrak Gunung Salak. Menurut legenda, ada sosok penunggu berupa Jin berukuran besar dengan wujud bidadari. Hal inilah yang kerap melatarbelakangi terjadinya hal mistis yang tidak bisa dinalar dengan logika. Tetapi keindahan Kawah Ratu di Gunung Salak berhasil menepis semuanya itu dan membuat pengunjung tetap berdatangan.

Masker is a must!

Selama menikmati one day tour Kawah Ratu, kamu harus menggunakan masker ya, sahabat explorer. Selain  menggunakan masker yang efektif untuk mencegah penyebaran virus corona selama mengikuti one day tour Kawah Ratu, hal ini juga bertujuan untuk menghindari bau belerang yang kuat. Kawah Ratu yang aktif memiliki bau belerang yang sangat menyengat dimana hal ini tidak terlalu baik bagi tubuh. Asap belerang akan sangat berbahaya ketika tercium terlalu banyak. Usahakan untuk tidak menggunakan pelindung yang kurang efektif.

Gunung Salak Belerang

sumber: dokumentasi YoExplore

Agar tidak mengganggu kepuasan saat menjelajahi keindahan Kawah Ratu, waktu terbaik untuk mengunjungi Kawah Ratu adalah di pagi hari. Asap belerang cenderung menguat di sore hari, itulah mengapa lebih disarankan untuk menikmati Kawah Ratu pada pagi hari di saat asap belum terlalu kuat. Area ini mengandung belerang yang cukup kuat yang jika dihirup secara terus-menerus tentu akan sangat berbahaya bagi sahabat explorer. Belerang yang mengandung racun dan berbau menyengat dapat menimbulkan sesak nafas, mual, pusing, pandangan tidak jelas, hingga kehilangan kesadaran. Racun yang terkandung dalam gas belerang bahkan mampu menyebabkan koma hingga kematian. Jadi pastikan untuk mengikuti instruksi pemandu ya! 

One Day Tour Kawah Ratu

sumber: dokumentasi YoExplore

Selain menjaga keselamatan dengan memakai masker, kamu juga bisa menjaga keselamatan saat menjelajahi Kawah Ratu dengan mendaki pada saat musim kemarau saja. Jalur akses menuju lokasi utama Kawah Ratu akan terasa lebih licin pada musim hujan daripada biasanya. Bahkan beberapa jalur ada yang diterjang banjir sehingga ditutup oleh pengelola setempat lho saat musim hujan.

Itulah Apa Yang Dapat Dinikmati Saat One Day Tour Kawah Ratu. Pastikan untuk tetap mengikuti protokol-protokol yang ada saat melakukan traveling di masa new normal. Jaga imunitas tubuh serta lakukan cara hidup sehat sebelum mendaki agar tubuh menjadi fit dan kuat! Kalau kamu pernah One Day Tour Kawah Ratu

 

 

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments