Gaya Hidup

4 Tips Memilih Destinasi Liburan Natal Tahun 2020 di Masa Pandemi COVID-19!

Destinasi Liburan Natal Tahun 2020
sumber: hartford healthcare
Spread the love


YOEXPLORE.CO.ID – Sahabat explorer, liburan natal dan tahun baru sudah mau datang nih! Namun liburan akhir tahun kali ini sedikit berbeda ya sehubungan dengan kabar larangan adanya kerumunan saat Natal dan Tahun Baru 2021 oleh Pemprov DKI Jakarta. Ditambah lagi dengan pandemi COVID-19 yang masih belum benar-benar berakhir, sepertinya liburan kali ini akan jauh dari kata perayaan meriah. Namun sahabat explorer tidak perlu khawatir, traveling di masa new normal tetap bisa dinikmati dengan mengikuti protokol yang ada. Memilih destinasi liburan Natal tahun 2020 merupakan kegiatan yang perlu direncanakan dengan ekstra tahun ini karena segala situasi yang terjadi. Berlibur ke tempat wisata yang ramai sepertinya perlu dihindari. 

Destinasi Liburan Natal Tahun 2020

sumber: 90 day korean

Wah dengan segala kondisi yang ada, ternyata tidak mudah dan perlu banyak pertimbangan yah dalam memilih destinasi liburan Natal tahun 2020 ini. Berkaitan dengan kondisi kenyamanan, keamanan, keuangan, danyang paling utama, yaitu menjaga kesehatan ditengah pandemi virus corona. Dengan direncanakan secara matang dan penuh pertimbangan, maka dijamin liburan akhir tahun akan tetap terasa menyenangkan. Kamu juga tidak perlu khawatir akan merasa kerepotan selama menikmati liburan karena sudah memahami segala protokol yang ada. 

Apa Saja Tips Memilih Destinasi Liburan Natal Tahun 2020 di Masa Pandemi COVID-19?



Destinasi Liburan Natal Tahun 2020 Harus Jauh Dari Kata Ramai!

Liburan akhir tahun biasanya identik dengan tempat wisata yang penuh sesak serta keramaian. Rasanya kalau tidak ramai dan meriah serta penuh warna merah, hijau, serta emas atau warna-warna shimmering, seperti bukan Natal dan Tahun Baru ya! Kalau dulu berdesak-desakan dengan banyak orang sepertinya hal yang lumrah dan tidak masalah, tahun ini sedikit berbeda ya sahabat explorer. Sehubungan dengan pandemi COVID-19 yang mengutamakan jaga jarak, vibes destinasi liburan Natal kali ini akan sangat berbeda. Kita justru perlu menghindari keramaian, sahabat explorer. 

Destinasi Liburan Natal Tahun 2020

sumber: fun and free daegu travel

Namun bukan berarti tempat wisata yang tidak ramai sama dengan liburan yang membosankan lho! Ada banyak destinasi liburan Natal tahun 2020 yang seru walau jauh dari kata ramai, mulai dari dalam negeri sampai Asia, bahkan Eropa. Pilih destinasi yang belum terlalu hype dan anti mainstream. Biasanya daya tarik yang dimiliki destinasi seperti ini akan sangat berkesan lho, sahabat explorer. Kamu juga akan mendapatkan perasaan bangga karena menjadi orang-orang yang sudah lebih dulu menikmati destinasi tersebut. Wah, sepertinya liburan akan terasa lebih spesial dan tentunya semakin nyaman ya karena tidak perlu khawatir akan besarnya kemungkinan terkena virus corona!

Walau Sudah Dirasa Aman, Pastikan Destinasi Memiliki Protokol Kesehatan!

Ada banyak destinasi liburan Natal tahun 2020 yang menarik, namun sayangnya belum siap menghadapi pandemi COVID-19. Maka dari itu, penting bagi sahabat explorer untuk memastikan bahwa destinasi yang dipilih sudah menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari ketersediaan tempat cuci tangan, bahkan hingga ketersediaan hand sanitizer untuk umum. Tidak lupa prosedur pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke objek wisata dengan alat pemeriksa suhu yang berfungsi dengan baik. Kebijakan aturan jumlah pengunjung juga perlu kita perhatikan, sahabat explorer. Jika dirasa destinasi tersebut tidak memiliki aturan jumlah pengunjung yang jelas atau bahkan pada angka yang termasuk ramai dengan luas area yang ada, lebih baik cari tempat wisata lain. 

Destinasi Liburan Natal Tahun 2020

sumber: pikiran rakyat

Pastikan pengelola destinasi setempat memiliki pusat informasi yang mudah ditemukan dengan peringatan-peringatan untuk menaati protokol kesehatan dan tidak berkerumun serta saling menjaga jarak fisik. Pusat informasi yang edukatif dan simultan tentu akan meningkatkan pemahaman dan kesadaran para pengunjung. Bahkan penyediaan tempat sampah dalam jumlah yang ideal juga perlu menjadi perhatian utama, agar kita tidak memegang tisu bekas bersin atau batuk terus-menerus. Jadi, selain nyaman, pastikan juga bahwa destinasi liburan Natal tahun 2020 sudah maksimal keamanannya dari potensi penyebaran virus COVID-19.

Usahakan Memilih Destinasi Yang Jaraknya Tidak Terlalu Jauh Dari Domisili

Rasanya di tengah pandemi COVID-19 ini, berlibur dengan jangka waktu yang terlalu lama serta jarak yang terlalu jauh kurang cocok dilakukan. Walau sudah memastikan keamanan dan protokol-protokol yang tersedia di destinasi liburan Natal tahun 2020 yang akan dipilih, kita tetap harus waspada. Bayangkan jika kamu berlibur ke luar negri lalu tiba-tiba terjadi lockdown? Wah, sepertinya jika ingin berlibur ke luar negeri perlu dipertimbangkan lebih matang lagi ya, sahabat explorer! Salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih destinasi liburan Natal tahun 2020 nanti adalah jarak. 

Destinasi Liburan Natal Tahun 2020

sumber: lovethispic

Hal ini tentunya akan berkaitan dengan transportasi apa yang kamu gunakan serta lamanya durasi liburan yang akan dinikmati. Pastikan jarak dari tempat tinggal alias domisili kamu tidak terlalu jauh dari tujuan wisata yang ingin kamu tuju ya, sahabat explorer! Kalau destinasinya terlalu jauh dan sulit dicapai dengan berbagai moda transportasi, coba pertimbangkan kembali. Jangan sampai saat liburan berlangsung malah jadi repot jika tiba-tiba harus menghadapi force majeure.

Perhitungkan Biaya Pra, Post, dan Pasca Dengan Matang!

Bicara soal force majeure atau  keadaan yang terjadi di luar prediksi manusia sehingga tidak dapat dihindari, perencanaan kegiatan liburan tentu berhubungan erat dengan keuangan. Pastikan saat menyusun rencana liburan, kamu juga memastikan segala aspek biaya yang diperlukan. Cari tahu secara detail segala biaya yang akan dan mungkin dikeluarkan. Mulai dari biaya transportasi, biaya masuk destinasi liburan Natal tahun 2020, biaya penginapan, biaya makan, bahkan sampai cadangan biaya miscellaneous alias kebutuhan mendadak. Buat perhitungan cermat secara matang mengenai apa saja keperluan yang kamu perlukan saat menentukan destinasi yang diinginkan. 

Destinasi Liburan Natal Tahun 2020

sumber: parade

Pilihlah destinasi liburan akhir tahun yang sesuai dengan kantong masing-masing ya! Jangan khawatir karena ada banyak destinasi liburan Natal tahun 2020 yang menarik dengan harga yang terjangkau. Usahakan untuk memilih tanggal dari jauh-jauh hari ya, sahabat explorer! Biasanya harga yang dikenakan jauh lebih murah dibandingkan memesan dekat-dekat hari kunjungan kita lho. Jangan lupa untuk rajin dan jeli mencari promo-promo paket wisata atau diskon alias potongan harga ya!

Sahabat explorer, itulah 4 Tips Memilih Destinasi Liburan Natal Tahun 2020 di Masa Pandemi COVID-19! Segera buat list daftar destinasi liburan Natal yang akan dikunjungi dan tentukan pilihanmu. Tentukan sedini mungkin agar perencanaan lebih matang dan tentunya serasional kata hatimu, jangan sampai lupa untuk memperhatikan segala yang berhubungan dengan pandemi COVID-19 ya!

Menentukan destinasi wisata  dengan matang juga memengaruhi sedalam apa kamu akan merogoh kocek lho! Cari tahu apa kelebihan dan kekurangan destinasi yang kamu pilih agar tidak ada penyesalan di akhir liburan. Jangan remehkan cuaca ya, sahabat explorer.

Pastikan untuk tidak memaksakan tetap pergi jika kondisi cuaca tidak mendukung. Selain pengeluaran yang akan membengkak secara tiba-tiba akibat kebutuhan force majeure, keselamatan juga akan terancam jika kondisi alam sedang tidak baik.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun kamu berada ya, sahabat explorer! Selalu gunakan masker yang efektif mencegah penyebaran virus corona. Sediakan hand sanitizer di tas dan rajin mencuci tangan. Usahakan untuk tidak menyentuh wajah atau mata, hidung, dan mulut!

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments