Petualangan dan Alam

8 Tempat Berhantu Yang Ada di Indonesia! Ceritanya Bikin Merinding!

lokasi angker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, hampir di seluruh dunia pasti memiliki kepercayaan akan dunia mistis seperti beberapa lokasi angker yang memiliki kisah yang sangat menyeramkan. Mulai dari luar negeri dengan kepercayaan mereka akan drakula, vampir dan berbagai jenis hantu lainnya yang mendiami suatu wilayah atau tempat tertentu. 

Lokasi Angker Di Indonesia

Tentunya, di Indonesia juga memiliki berbagai macam tempat angker tersebut, sahabat explorer. Apa lagi memang kebanyakan orang Indonesia itu sendiri juga percaya akan eksistensi dari makhluk halus tersebut dan juga terkadang bisa mengganggu manusia. Mungkin kita sudah sering dengar cerita-cerita dari makhluk halus yang mengganggu manusia apabila manusia tersebut berani datang dan mengganggu kehidupan mereka. Banyak yang percaya dan juga banyak yang tidak percaya dan cenderung menyebut bahwa cerita tersebut tidak masuk akal. 

Delapan  Lokasi Angker di Indonesia

Terlepas dari percaya atau tidak, namun itulah yang sekarang terjadi di masyarakat kita. Terlebih dengan kemajuan teknologi video yang seakan-akan bisa memberikan bukti sahih akan kehadiran dari makhluk halus tersebut.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa lokasi angker yang memang cukup terkenal dan ceritanya juga cukup membuat kita merinding. Kira-kira ada di mana saja dan seperti apa ceritanya? Mari langsung kita simak ulasannya, sahabat explorer! Jangan lupa siapkan camilan kamu  sambil membaca artikel ini ya!



1. Lawang Sewu

lokasi angker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idSelain memiliki sejarah hebat pada masa penjajahan dulu, Lawang Sewu juga menyimpan misteri yang cukup mengerikan, sahabat explorer. Lawang Sewu terletak di pusat kota Semarang, Jawa Tengah. Dahulu kala, bangunan megah tersebut digunakan sebagai kantor perusahaan jawatan kereta api pada zaman pemerintah Belanda. Namun pada masa pendudukan Jepang, gedung ini beralih fungsi menjadi markas tentara Jepang. 

Pada saat itulah Lawang Sewu digunakan sebagai tempat penyiksaan dan pembunuhan bagi para tahanan dan menjadi salah satu lokasi angker yang ada di Indonesia. Sel penjara bawah tanah di Lawang Sewu sangat pendek, dengan demikian para tahanan harus berjongkok. Menurut pengakuan dari warga sekitar, ribuan makhluk gaib mengisi setiap sudut dari Lawang Sewu, mulai dari pintu utama, lorong, penjara bawah tanah, hingga sumur tua tempat membuang mayat tahanan. 

Penulis sendiri pernah memiliki pengalaman tersendiri saat berkunjung ke Lawang Sewu ini, sekilas terdengar ada suara piano yang berdenting. Pada saat itu (dan sampai sekarang) penulis tidak pernah tahu jika di Lawang Sewu memang ada piano atau tidak. Bagi kamu yang mungkin tahu jelas mengenai informasi ini, boleh langsung jawab di kolum komentar ya!

2. Rumah Hantu Darmo

lokasi angker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang berikutnya adalah Rumah Hantu Darmo. Rumah hantu Darmo cukup lumayan populer di kalangan masyarakat Surabaya. Rumah mewah ini terletak di kawasan pemukiman elit di Surabaya Barat. Menurut cerita warga sekitar, pemilik rumah tersebut melakukan pesugihan agar dapat menjadi kaya. Namun,pemilik rumah tersebut tidak mau terus-terusan memberi sesajen dan juga tumbal. 

Maka dia dan seluruh keluarganya dibunuh oleh jin saat mencoba untuk melarikan diri menggunakan kapal laut. Alhasil, rumah ini tidak ada yang menghuni selama bertahun-tahun. Ada banyak cerita mengenai penampakan makhluk halus di sekitar rumah ini. Kesurupan juga terjadi berkali-kali setiap ada yang melintasi rumah ini, sahabat explorer. Mungkin, saat kamu ke Surabaya, tempat ini bisa menjadi salah satu tempat wisata angker yang bisa kamu kunjungi, sahabat explorer!



3. Rumah Pondok Indah

lokasi angker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idSelanjutnya masih berhubungan dengan rumah, sahabat explorer. Kali ini berada di kawasan elit di wilayah Jakarta Selatan, Pondok Indah. Pada tahun 1983, para penghuni rumah ini menjadi korban pembantaian yang sangat sadis oleh sekelompok perampok. Kasusnya belum terungkap sampai sekarang, sahabat explorer!

Berbagai kisah hantu menyebar semenjak kejadian tersebut. Konon, katanya siapa yang melintas di rumah tersebut akan diteror oleh “para penghuni” rumah. Ada suatu kejadian yang cukup menggemparkan. Yakni, menghilangnya seorang penjual nasi goreng keliling ketika lewat di depan rumah ini.

4. Pelabuhan Ratu

lokasi angker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Pelabuhan Ratu. Tempat yang satu ini memang sudah dipercaya orang dari zaman dahulu akan keangkerannya. Pelabuhan Ratu yang terkenal akan pantai selatannya yang indah dan juga legenda Nyi Roro Kidul. Menurut legenda, Nyi Roro Kidul adalah seorang wanita yang sangat cantik yang menceburkan dirinya ke laut dan menjadi penguasa lautan. Hingga sampai saat ini, rata-rata korban yang tewas ditelan ombak adalah berjenis kelamin laki-laki. 

Beredar kabar, bahwa korbannya adalah orang yang memakai pakaian berwarna hijau. Ini karena ratu pantai selatan sangat menyukai warna ini. Tidak sampai di situ saja, sahabat explorer. Ada satu kamar di Hotel Samudera Beach, nomor 308, yang disediakan khusus bagi sang ratu.

Kamarnya didesain dengan sangat apik, didominasi dengan warna hijau-emas, kemenyan dan wewangian yang disajikan di depan lukisan sang ratu Nyi Roro Kidul. Konon, kamar ini digunakan sebagai tempat semedi, tak terkecuali oleh Presiden Soekarno.

5. Rumah Ambulans Bahureska

lokasi angker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idDi kota Bandung terdapat sebuah ambulans yang sudah tidak berfungsi dan tertutup terpal, yang parkir di sebuah rumah Jalan Bahureksa. Ceritanya, terdapat satu keluarga yang mengalami kecelakaan dan pada akhirnya meninggal.

Mobil ambulans tersebut mengantarkan keluarga pemilik rumah tersebut. Konon, ambulans tersebut tidak bisa dipindahkan dan sering jalan sendiri tanpa ada pengendara! Cerita ini cukup populer di kalangan masyarakat Bandung, sahabat explorer

6. SMA Tugu

lokasi angker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idSMA Tugu berlokasi di kota Malang, Jawa Timur. Dahulu, gedung sekolah ini digunakan sebagai tempat penyiksaan pada zaman penjajahan Jepang. Banyak kisah horor yang dialami para siswa di sekolah ini.

Ada bermacam-macam hantu dan juga penampakan makhluk halus di beberapa sudut sekolah ini. Baik di ruang ibadah, hantu tentara tidak berkepala, pocong di lantai dua, dan masih banyak lagi cerita-cerita mistis yang lainnya yang dikemukakan oleh para siswa.

7. TPU Jeruk Purut

lokasi angker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idSelanjutnya berada di TPU Jeruk Purut. Kuburan memang memiliki nuansa angker dan juga mistis. TPU Jeruk Purut bisa dikatakan tempat paling angker dan juga mengerikan yang ada di Jakarta. Banyak cerita dari para petualang uji nyali yang menyatakan melihat berbagai macam penampakan.

Sosok paling terkenal ialah penampakan seorang pastor tanpa kepala, yang berjalan menenteng kepalanya sendiri sambil diikuti oleh seekor anjing. Konon, katanya pastor ini sedang mencari-cari makamnya sendiri, yang sebenarnya bukan disitu. Karena TPU Jeruk Purut merupakan unit pemakaman untuk kaum muslim.

8. Jembatan Ancol

lokasi angker - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang terakhir adalah Jembatan Ancol. Masih berada di wilayah DKI Jakarta, kali ini dari daerah utara, tepatnya di kawasan Ancol. Di sini terdapat sebuah jembatan yang sangat tua peninggalan Hindia Belanda yang dihuni oleh hantu si manis. Kisah si manis Jembatan Ancol tersebut berawal dari seorang gadis manis bernama Siti Ariah, yang diperkosa dan kemudian dibunuh, kemudian mayatnya dibuang ke kali.

Semenjak kejadian pemerkosaan tersebut, hantu si manis kerap menampakkan diri. Seperti pengakuan dari seorang penjual kios rokok, yang mengaku pernah didatangi oleh seorang gadis cantik, kemudian menghilang. Legenda ini telah menginspirasi sinetron dan juga film.

Sahabat explorer, itulah beberapa kisah dan lokasi angker yang ada di Indonesia. Berani untuk mengunjungi? Ceritakan pengalaman mistis kamu di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya! Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments