Berita

Lagi Pandemi Corona, Bagaimana Jika Sakit Gigi?

sakit gigi saat pandemi corona - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: malangpostonline

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, di tengah pandemi coronavirus baru yang menyebabkan penyakit Covid-19, kita memang hanya berfokus pada satu penyakit saja. Terkadang, ada gejala sakit sedikit, kita langsung kaitkan dengan corona karena saking takutnya. sebenarnya, sah-sah saja apabila kita waspada, namun jangan menjadi panik ya, sahabat explorer. Gejala seperti demam atau batuk itu belum tentu mengindikasikan terjangkit coronavirus, bisa jadipenyakit lainnya. Misalnya kamu merasa demam, tapi disertai dengan gigi yang nyut-nyutan, kemungkinan besar gigi kamu bermasalah. Namun, bagaimana jika sakit gigi saat pandemi corona seperti sekarang? Apakah aman? Itulah pertanyaan umum yang biasa kita dengar sekarang ini, sahabat explorer

Baca Juga: Berikut Adalah Fakta Tentang Penyembuhan Covid-19

Sakit Gigi Saat Pandemi Corona

Kita memang disarankan untuk tetap di rumah dan keluar jika keadaan darurat saja. Namun, jika memang sudah tidak bisa ditahan lagi atau tidak mampu dengan obat penghilang rasa sakit biasa, maka kita dibolehkan untuk ke dokter gigi, sahabat explorer

Dilansir dari Kompas Lifestyle, pendiri MP Clinic Skin & Dental Center, Monika Prasari menganjurkan pasien mengunjungi dokter gigi untuk tindakan darurat saja di tengah penyebaran Covid-19 ini.  Beberapa situasi darurat yang dimaksud adalah:

  1. Sakit gigi yang terjadi cukup parah dalam kurun waktu 24 jam. Dalam ukuran skala 1-10, sakit gigi di bawah skala 5 dianggap masih bisa diatasi dengan minum obat penghilang rasa sakit saja. Adapun sakit gigi yang di atas skala 5 secara umum adalah sakit yang terjadi terus-menerus dan intens, sehingga membuat seseorang sulit tidur.
  2. Gusi bengkak selama 3-7 hari terakhir.
  3. Pendarahan yang disebabkan oleh proses pencabutan atau operasi gusi.
  4. Infeksi gigi yang disebabkan gigi berlubang yang menyebabkan sakit gigi.
  5. Gigi patah yang menyebabkan sakit.
  6. Untuk perawatan ortodonsia, yang dikategorikan sebagai darurat seperti terdapat kawat gigi yang lepas serta menyebabkan tertusuknya bagian gusi. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman di dalam mulut kita.


Memperhatikan Prosedur Keamanan

Bagi pasien yang memang terpaksa harus mengunjungi dokter gigi, Monika menganjurkan untuk pergi seorang diri saja, sahabat explorer. Kalau ditemani pun, orang yang menemani sebaiknya tidak ikut ke dalam ruang perawatan, hanya menunggu di ruang tunggu saja. “Jika fasilitas ruang tunggu klinik tidak memadai sebaiknya yang mengantar tunggu di luar. Hal ini dapat menghindari risiko penyebaran corona” tutur Monika. 

Sebelum perawatan dimulai oleh dokter, pasien akan diberikan obat kumur chlorhexidine atau Iodine. Sebagai perlindungan tambahan, pasien akan disarankan untuk menggunakan kacamata pelindung agar dapat melindungi mata dari percikan air akibat perawatan jika memang hal itu diperlukan. Situasi pandemi coronavirus baru yang menyebabkan penyakit Covid-19 ini membuat sebagian klinik membatasi jam operasinya, atau bahkan tutup. Untuk langkah antisipasi, tidak ada salahnya jika kamu mencari informasi tentang klinik gigi terdekat yang memang masih buka dan menyimpan nomor kontaknya. “Jika untuk diperlukan tindakan emergency dan ternyata klinik terdekat dalam kondisi tutup sebaiknya selalu menyimpan nomor telepon contact person klinik atau dokter untuk konsultasi online semisal dibutuhkan,” kata Monika.

Sahabat explorer, sakit gigi memang mengganggu aktivitas kita, apalagi jika memang work from home. Oleh karena itu, mari senantiasa menjaga kesehatan gigi kita dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan tidak menyebabkan gigi berlubang atau penyakit gigi lainnya. Selama pandemi ini masih belum selesai, kita memang harus memperhatikan apa saja yang kita lakukan agar terhindar dari penyebaran virus tersebut. Tetap #dirumahsaja, patuhi peraturan PSBB yang sudah berlaku di wilayah Jabodebek dan stay safe, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments