Gaya Hidup

5 Website Yang Menerima Penulis Tamu Secara Gratis!

Menerima Penulis Tamu

Sahabat explorer, apa kamu memiliki hobi menulis artikel? Namun, kamu masih bingung bagaimana cara mempublikasikan artikel kamu dan di mana? Tenang, sahabat explorer! Jangan sampai kebingungan tersebut menghentikan hobi menulis yang kamu miliki. Jika kamu bukan merupakan seorang penulis tetap suatu website dan tidak memiliki blog pribadi, kamu bisa mengirim tulisan kamu ke situs-situs yang menerima penulis tamu, dikenal juga dengan istilah Guest Post. 

Ada banyak website yang menerima penulis tamu lho, sahabat explorer! Selain itu, Guest Post banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan backlink. Mulai dari link menuju blog pribadi sampai situs perusahaan yang ingin ditingkatkan popularitasnya. Tidak lupa, bisa juga backlink ke akun media sosial  kamu pribadi sebagai sang penulis tamu. Wah jadi makin terkenal deh! Guest Post juga dapat menjadi wadah untuk memberikan informasi serta ilmu yang sesuai dengan tema dari blog atau website yang menerima penulis tamu. 

Kalau saat ini kamu sedang mencari situs-situs yang menerima penulis tamu, berikut 5 pilihannya!



YoExplore

Website pertama yang menerima penulis tamu, yaitu tidak lain tidak bukan adalah website kami. Website yoexplore.co.id menerima penulis tamu alias Guest Post secara gratis lho. Kamu tidak akan dipungut biaya apa pun untuk bergabung dengan kami, tinggal daftar saja. YoExplore menyambut dan menganjurkan kamu untuk menulis terkait pengalaman kamu saat bepergian menjelajahi Asia. Kami senang dan yakin bahwa para pembaca akan ikut senang dengan kisah perjalanan kamu. Jika kamu bisa membawa dampak  positif pada kondisi lingkungan atau masyarakat setempat lewat artikelmu, kenapa tidak? Pastikan untuk menyalurkan hobi menulis artikel bersama YoExplore! 

Menerima Penulis Tamu

YoExplore merupakan platform yang membahas berita up-to-date yang faktual, terutama di bidang traveling. Kamu bebas mengutarakan pandangan dan pendapatmu seputar backpacking, dampak sosial, seni dan budaya, makanan dan minuman, perjalanan pendidikan, petualangan dan alam, atau perlengkapan perjalanan. Jika kamu suka berbagi tips atau memaparkan manfaat, dengan senang hati kami akan membantu untuk mempublikasikan artikel kamu. YoExplore juga akan memberikan backlink gratis ke akun media sosial pribadi yang kamu miliki!

Seni Berpikir

Jika kamu hobi menulis analisis tentang hubungan internasional, berbagai hal mengenai WordPress dan dunia blogging serta hal apa pun yang terkait dengannya, Seni Berpikir akan cocok untuk kamu. Website kedua yang menerima penulis tamu ini juga memberikan kamu kesempatan untuk mengulas topik-topik lain. Mulai dari edukasi umum yang mendidik, fashion, teknologi atau internet, gaya hidup, kesehatan, makanan, minuman, traveling, bisnis, serta make money blogging. Ada juga tips kuliah, sekolah atau kerja, tips blogging, sampai trik WordPress, Blogspot, forum dan lainnya. Tidak lupa topik dating atau relationship yang bebas mau dari sudut pandang pria maupun wanita. 

Menerima Penulis Tamu

sumber: Seni Berpikir

Seni Berpikir akan memberikan feedback berupa menampilkan identitas lengkap kamu sebagai penulis. Segala informasi lain yang  ingin kamu tampilkan, termasuk foto kamu juga bisa ditampilkan lho! Sama seperti Guest Post di YoExplore, Seni Berpikir belum bisa menerima artikel berbau promosi bisnis. Kalau kamu inginmempromosikan brand bisnis maupun event kamu di website tersebut, kamu bisa menghubungi website tersebut untuk mendapatkan backlink dofollow. Seni Berpikir menerima penulis tamu dengan mudah, kamu hanya perlu mengirimkan artikel lewat email untuk dibantu publikasi. Namun kamu juga bisa bergabung menjadi kontributor untuk bisa langsung login dan membuat tulisan di situs Seni Berpikir.

AdityaTekno

Website ketiga yang menerima penulis tamu adalah AdityaTekno. Kamu bisa berbagi ilmu dalam bentuk artikel mengenai beberapa topik. Mulai dari info menarik, panduan bisnis, edukasi, internet, teknologi, hingga tutorial design blog. Jika kamu suka berbagi tips, kamu juga bisa menulis artikel yang mengulas tips komputer atau laptop, tips blogging, tips adsense, tips SEO, tips smartphone, dan tips seputar web design. Kamu akan diberikan feedback berupa 2 buah link keluar atau backlink dofollow menuju situs atau blog pribadi kamu. 

Menerima Penulis Tamu

sumber: AdityaTekno

Dengan berpartisipasi sebagai penulis tamu, secara tidak langsung kamu juga membantu orang lain melalui ilmu yang kamu bagikan. Kamu tidak perlu mendaftar lho, cukup mengirimkan artikel ke email admin AdityaTekno. Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap, profil, serta URL atau nama blog dan akun media sosial yang ingin menerima backlink.

Kompasiana

Kalau kamu memiliki hobi menulis artikel, sepertinya sudah tidak asing dengan platform blog dari situs informasi ternama, yaitu Kompas. Kompasiana blog jurnalis yang dibangun pada tanggal 1 September 2008 berdasarkan fakta bahwa tidak semua jurnalis akrab dengan blog. Tidak sedikit jurnalis pada masa itu yang memiliki blog atau bahkan pernah membaca blog orang lain. Para jurnalis harian Kompas dan Kompas Gramedia menciptakan terobosan tak terduga dengan menyatakan diri ingin menjadi bagian dari Kompasiana untuk mencurahkan pandangan dan gagasannya. Kompasiana akhirnya berkembang menjadi blog terbuka bersama dan resmi menerima penulis tamu alias resmi menjadi blog sosial pada tanggal 22 Oktober 2008.

Menerima Penulis Tamu

sumber: Kompasiana

Untuk bergabung dengan Kompasiana, kamu hanya perlu daftar menjadi anggota yang akrab disapa sebagai Kompasianer. Ada beberapa kategori yang bisa kamu jadikan sebagai tema dari artikel yang akan kamu buat. Mulai dari kategori Politik yang terbagi menjadi Pemerintahan, Birokrasi, Keamanan dan Hukum. Lalu kategori Ekonomi dengan Bisnis dan Finansial. Ada juga kategori Hiburan yang terbagi menjadi Media, Humor, Film, dan Musik. Tidak lupa kategori Humaniora yang terbagi menjadi Filsafat, Edukasi, Sosial Budaya, dan Bahasa. Lalu dilanjutkan dengan kategori Olahraga yang terbagi menjadi Bulutangkis, Balap, Bola, Atletik dan E-Sport.

Ada juga kategori Wisata dengan Travel dan Kuliner. Lalu kategori Gaya Hidup yang terbagi menjadi Karir, Kesehatan, Hobi dan Fesyen. Ada juga kategori Teknologi yang terbagi menjadi Transportasi, Digital, Otomotif dan Lingkungan. Tidak lupa kategori Ruang Kelas yang terbagi menjadi Ilmu Alam dan Teknologi serta Ilmu Sosial Budaya dan Agama. Bagi kamu yang suka dengan tulisan fiksi, ada juga kategori Fiksiana yang terbagi menjadi Puisi, Cerpen dan Novel. Wah menarik banget ya, sahabat explorer? Selain berbagi ilmu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan berupa backlink lho!  

Good News From Indonesia

­­­Kalau website yang menerima penulis tamu satu ini juga tidak memungut biaya alias gratis. Kamu hanya perlu mendaftar untuk membuat akun, setelah itu kamu bisa bebas berkarya dengan menulis artikel. Uniknya, website yang menerima penulis tamu ini memberikan kamu dua pilihan. Kamu bisa langsung mempublikasikan hasil artikelmu atau cukup klik Jadikan Konsep jika ingin diulas terlebih dahulu oleh tim redaksi. Terdapat tujuh topik yang dapat kamu jadikan dasar dari artikel kamu. Ada Ekonomi, Internasional, Opini, Tren, IPTEK, Nasional dan Humaniora.

Menerima Penulis Tamu

sumber: Good News From Indonesia

Kamu juga bisa mendapatkan backlink dengan mencantumkan URL laman asal dibagian paling terakhir badan artikel. Mengutip dari Good News From Indonesia, pencantuman URL laman dapat dilakukan cukup dengan menuliskan nama laman sumber dan embed link dengan cara memblok nama laman, kemudian klik tombol ‘insert/edit link’ pada bagian editorial atas badan artikel, copy paste URL sumber pada kolom URL, kemudian klik OK. 

Sahabat explorer, itulah 5 Website Yang Menerima Penulis Tamu Secara Gratis. Menjadi penulis tamu merupakan kegiatan yang sangat menguntungkan. Mulai dari kamu pribadi sebagai penulis akan mendapatkan feedback berupa backlink hingga amal berbagi ilmu. Kemudian website sebagai yang menerima penulis tamu dan para pembaca juga akan diuntungkan. Win win solution yang sangat menguntungkan bukan? Ayo masuk ke dunia digital marketing dan salurkan hobi menulismu!

 

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments