Gaya Hidup

5 Tips Menulis Artikel Yang Mudah Diterapkan!

Tips Menulis Artikel

Bagi sahabat explorer yang suka atau bahkan sering membaca tulisan-tulisan di website serta blog, pasti tidak asing dengan istilah artikel, bukan? Mengutip Sekertariat Kabupaten Kutai Barat, artikel merupakan suatu karya tulis dengan panjang tertentu yang berisikan gagasan atau fakta. Tujuan dari menulis artikel adalah menyampaikan gagasan atau opini secara meyakinkan, mendidik, serta menghibur. Baca terus artikel ini jika kamu memerlukan tips menulis artikel yang mudah diterapkan ya!

Terdapat berbagai jenis penulisan artikel, ada yang berupa fiksi, yaitu bersifat karangan non-ilmiah, alias bukan berdasarkan kenyataan. Jadi artikel jenis fiksi lebih menguraikan gagasan yang berasal dari imajinasi, sahabat explorer. Ada juga yang berupa non-fiksi, yaitu karya seni yang bersifat faktual atau mengandung kebenaran di dalamnya. Jadi artikel jenis non-fiksi harus memiliki pondasi yang kuat, alias berdasarkan fakta. 

Tips Menulis Artikel

sumber: bgrafio

Artikel biasanya dipublikasikan pada media online maupun cetak, sahabat explorer. Kamu juga bisa memilih untuk menerbitkan artikel ke website atau blog. Walau banyak orang yang menganggap kegiatan ini sebagai sesuatu yang merepotkan atau bikin pusing, menulis artikel ternyata cukup mudah kalau kamu tahu tips menulis artikel. Kegiatan menulis artikel sebenarnya memiliki banyak manfaat, apalagi kalau menulis artikel bersama YoExplore!

Semua orang berhak menyampaikan pandangannya lewat tulisan artikel, namun para pembaca juga memiliki hak untuk mempermasalahkan opini kamu. Jangan berkecil hati jika tulisan artikel yang kamu buat ditanggapi secara negatif ya, sahabat explorer! Membuat artikel yang menarik memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun bukan berarti sesuatu yang sulit juga lho. Jika kamu tertarik atau memang suka menulis artikel, coba lakukan 5 tips menulis artikel yang mudah diterapkan ini!



Kalau Kata Anak Marketing, Tentukan Segmentasi Pasar!

Sahabat explorer, kita memang bukan hidup untuk memuaskan orang lain. Namun jika ingin tulisanmu dihargai dengan benar, maka kamu perlu menyesuaikan konten dengan minat para pembaca. Untuk melakukannya, tentu kamu perlu menentukan segmentasi pasar alias konsumen. Jika kamu sudah tahu konsumen alias para pembaca yang kamu tuju, pastikan artikelmu sesuai dengan minat mereka agar dapat dikonsumsi dengan baik!

Tips Menulis Artikel

sumber: real discount

Kalau kamu menawarkan bakmi kepada orang yang tidak menyukai hidangan tersebut, pasti akan ditolak, bukan? Tips menulis artikel yang satu ini dapat kamu terapkan jika kamu sudah menemukan ide atau topik yang menarik terlebih dahulu, sahabat explorer!

Konsisten Alias Jangan Labil!

Jika sudah mendapatkan segmentasi alias target pasar, pastikan untuk konsisten dengan ide atau topik yang kamu ulas. Jaga pandangan dan pendapatmu agar tidak keluar jalur. Jika kamu memilih untuk menulis artikel tentang traveling, pastikan artikel yang kamu buat fokus membahas konten tersebut. Jangan sampai pembahasannya malah tidak sesuai ide atau topik yang kamu pilih. Tidak jarang pembaca yang malas untuk menyelesaikan bacaan artikel karena topiknya berubah atau bahkan tidak sesuai.

Tips Menulis Artikel

sumber: click2view

Banyak penulis artikel pemula yang hanya fokus memaparkan apa yang terlintas di dalam pikiran tanpa memperhatikan korelasinya. Akibatnya, tidak jarang isi konten artikel menjadi keluar jalur. Selain membuat bingung para pembaca, tentu hal ini juga mampu menghasilkan feedback negatif terhadap artikel yang kamu buat. Jadi tips menulis artikel yang kedua adalah konsisten dalam mengulas ide atau topik dalam suatu artikel, jangan labil!

Perluas Wawasan Pribadi Dengan Banyak Membaca

Untuk membuat tulisan artikel yang menarik tentu diperlukan ide atau topik yang tentunya menarik. Namun kita perlu memiliki wawasan serta pandangan yang luas terlebih dahulu untuk memunculkan hal tersebut. Salah satu cara untuk memperluas wawasan adalah dengan membaca. Di atas langit masih ada langit, sering dengar ungkapan bijak ini? Banyak-banyaklah membaca artikel lain sebagai inspirasi. Olah masukan-masukan dari pembaca sebagai motivasi untuk mengembangkan kualitas tulisan selanjutnya. 

Tips Menulis Artikel

sumber: the verge

Dengan banyak membaca, tentu akan memperluas wawasan pribadi karena informasi-informasi baru yang kita konsumsi. Banyak membaca juga memiliki andil dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi lho! Hal ini tentu akan sangat membantu di dalam menambah kosakata kita saat menulis artikel. Selain ide atau topik yang menarik, narasi yang menarik juga akan menambah daya tarik artikel kita, sahabat explorer. Ingat selalu tips menulis artikel yang ketiga ini ya! Selainbermanfaat untuk menulis artikel, banyak membaca juga mampu membawa manfaat-manfaat lain ke dalam setiap aspek hidup kamu!

Kunci Klasik: Singkat, Padat, Jelas

Siapa sih yang tidak suka membaca artikel yang singkat, padat, jelas? Sahabat explorer, tips menulis artikel yang ketiga ini cukup krusial di dalam memaksimalkan tulisan yang kamu buat. Percuma kalau ide atau topiknya bagus namun pesan yang ingin disampaikan gagal diterima oleh pembaca, bukan? Pastikan untuk mengulas dengan bahasa yang mudah dipahami serta tidak berbelit-belit.

Tips Menulis Artikel

sumber: quotefancy

Paparkan pandangan atau pendapatmu lewat susunan kalimat dengan tata bahasa yang mudah dipahami. Jangan sampai tulisan artikelmu malah ambigu dan membuat pembaca menjadi bingung. Usahakan untuk membuat artikel yang sarat akan informasi ya! Pembaca tentu akan senang jika menemukan artikel berisikan informasi penting nan menarik yang sesuai dengan minat mereka.

Fitnah Lebih Kejam Daripada Pembunuhan: Say No To Hoax

Tips menulis artikel keempat adalah buat artikel berdasarkan fakta. Semenarik apapun ide atau topik yang kamu miliki, jika tidak berdasarkan fakta konkrit tentu akan sia-sia. Pembaca tentu memerlukan informasi up to date yang dapat dipercaya. Kalau artikelmu ternyata tidak dapat dipastikan kebenarannya, tentu hanya akan menjadi hoax, bukan? Berita bohong alias hoax merupakan informasi palsu yang tidak benar.

Tips Menulis Artikel

sumber: Sahabat Berbagi Informasi dan Inspirasi Anda

Hal ini tentu akan membuat pembacanya merasa kebingungan. Kamu tidak mau kan kalau tulisan artikelmu malah jadi tidak bermanfaat? Pastikan kamu menulis artikel yang transparan alias jujur, serta bukan hanya sekedar prasangka semata. Kebebasan berpendapat memang dimiliki semua orang, namun tentu terdapat tanggung jawab yang mengikuti di belakangnya. Pastikan kamu bisa mempertanggung jawabkan tulisan artikelmu ya!

Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama Lewat Judul

Setelah menemukan ide atau topik yang menarik, biasanya struktur penulisan artikel yang pertama adalah judul. Bagian yang satu ini merupakan salah satu hal krusial yang tidak boleh kamu anggap enteng lho! Last but not least, tips menulis artikel yang kelima adalah menentukan judul yang menarik. Jatuh cinta pada pandangan pertama lewat judul? Tentu bisa! Di saat pembaca mengetikkan kata kunci dari informasi yang mereka perlukan di internet, maka akan muncul berbagai ulasan artikel. Pembaca tentu akan memilih artikel yang menurut mereka tepat dengan melihat judul terlebih dahulu. Pastikan judul artikel mengandung kata kunci yang menggambarkan keseluruhan isi artikel. 

Tips Menulis Artikel

sumber: jobscan

Jika artikelmu dalam berbentuk manfaat, alasan, cara, dan sejenisnya, usahakan menuliskan jumlahnya agar meningkatkan daya tarik pembaca untuk memilih artikelmu. Misalnya seperti artikel ini, yaitu 5 Tips Menulis Artikel Yang Mudah Diterapkan! Biasanya pembaca akan tertarik untuk membaca suatu artikel dengan judul yang menarik dan meyakinkan.  Judul merupakan penentu utama apakah artikel kamu akan dibaca atau tidak. Sama seperti barang bagus dengan marketing yang tidak bagus, sebaik apapun konten artikelmu, tidak akan ada yang membaca kalau judulnya saja tidak menarik.

Sahabat explorer, itulah 5 Tips Menulis Artikel Yang Mudah Diterapkan! Coba terapkan 5 tips menulis artikel tersebut, maka kamu akan meraih lebih banyak pembaca. Kualitas artikelmu tentu juga akan semakin meningkat! Bingung mau menulis artikel dimana? Kamu bisa memaparkan pandangan dan pendapatmu mengenai hal-hal menarik lewat Guest Post YoExplore. Kami tunggu tulisan artikelmu ya!

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments