Gaya Hidup

Cara Mencegah Virus Corona Menurut WHO

cara mencegah virus corona - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tirto.id

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk melindungi diri dan orang sekitar dari wabah yang sedang heboh di dunia ini yaitu coronavirus. Wabah yang sudah berstatus pandemi global ini memang sedang ditakuti oleh seluruh masyarakat di dunia tidak terkecuali Indonesia. Bahkan, di Italia sana sudah menerapkan lockdown bagi masyarakatnya. Dan, yang terbaru juga Perancis, Malaysia dan Filipina sudah menerapkan status lockdown seperti yang dilansir di Instagram resmi Infia_fact. Dengan demikian, WHO sudah memberikan himbauan untuk cara mencegah virus corona tersebut agar tidak lagi menyebar atau setidaknya mengurangi penularannya. 

Cara Mencegah Virus Corona

Banyak media-media yang memang memberikan himbauan atau informasi mengenai cara mencegah virus corona tersebut. Namun, alangkah baiknya jika kita juga melihat bagaimana arahan dari WHO itu sendiri, sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya!



1. Cuci Tangan Sesering Mungkin

Himbauan dari WHO yang pertama adalah mencuci tangan sesering mungkin. Baik sebelum atau sesudah menyentuh sesuatu,apa lagi kontak dengan orang lain, dan juga sebelum dan sesudah makan. WHO juga menyarankan kita agar mencuci tangan dengan bahan yang mengandung alkohol atau dengan sabun dan air yang mengalir. Hal tersebut dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kamu, sahabat explorer

2. Terapkan Social Distancing

Langkah berikutnya dari WHO adalah menerapkan Social Distancing. Langkah yang satu ini merupakan cara mencegah virus corona untuk menular dari manusia yang satu ke yang lainnya. Jaga jarak minimal 1 meter dengan orang yang lagi batuk atau bersin. Alasannya, ketika seseorang batuk atau bersin mereka dapat menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus tersebut. Jika terlalu dekat, kamu bisa menghirup tetesan air yang mungkin saja mengandung virus COVID-19 atau coronavirus. 



3. Hindari Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut

Yang berikutnya adalah menghindari kontak atau menyentuh mata, hidung dan juga mulut. Tangan menyentuh banyak permukaan dan virus juga mungkin menempel di sana. Setelah terkontaminasi, tangan kita dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut kita, sahabat explorer Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh dan bisa membuat kita mengalami gejala-gejala coronavirus. 

4. Lakukan Aturan Bersin Yang Benar

Yang selanjutnya adalah melakukan aturan bersin yang baik dan benar. Pastikan kamu dan orang-orang yang ada di sekitar kamu untuk selalu menutupi mulut dan menutupi hidung dengan siku tangan yang ditekuk ketika batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekasnya. Alasannya, tetesan dari bersin dan batuk tersebut dapat menularkan virus Covid-19 tersebut. 

5. Jika Mengalami Demam, Batuk dan Kesulitan Bernapas, Segera Berobat

Langkah yang terakhir adalah apabila kamu memiliki gejala seperti demam, batuk dan juga kesulitan bernapas, maka langsung pergi berobat ke dokter, sahabat explorer. Yang pasti, tetap di rumah jika memang tidak enak badan, jika mengalami gejala seperti yang di atas, segera langsung cari bantuan medis dan ikuti arahan otoritas kesehatan setempat. Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah kamu, sahabat explorer

Sahabat explorer, itulah beberapa langkah cara mencegah virus corona untuk menyebar yang dihimbau oleh WHO. Ikuti aturan-aturan tersebut demi keselamatan kita semua, ya, sahabat explorer. Seperti yang dikatakan oleh Menkes Dokter Terawan, bahwa kita harus menjaga imunitas karena itulah yang akan melawan virus. Selain itu beliau juga bilang untuk selalu konsumsi makanan yang sehat, bergizi seimbang dan juga istirahat yang cukup. Dan harus diingat, agar tidak menyebarkannya secara tidak sengaja ke orang lain, maka kita harus rajin cuci tangan dan menggunakan masker setiap bepergian.

Semoga artikel ini bermanfaat, stay safe, sahabat explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments