Gaya Hidup

Berikut Adalah Kota Tertua Di Indonesia

kota tertua di Indonesia - yoexplore , liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: boombastis

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah dan juga budaya. Dulunya, negara kita ini disebut dengan Nusantara dan wilayah yang dicakup sangat luas sahabat explorer. Dahulu kala, negara kita ini dipenuhi dengan kerajaan-kerajaan yang memimpin di wilayahnya. Namun, kekuasaannya juga terkadang sangat luas hingga mencakup negara-negara lainnya. Jadi tidak heran jika ada kota tertua di Indonesia yang bahkan umurnya lebih dari 1.000 tahun sahabat explorer. Selain menjadi kota tertua, tentunya kota tersebut juga memiliki sejarah yang panjang dan juga kebudayaan yang beragam. Walaupun Indonesia sendiri umurnya masih 73 tahun, tapi tidak dengan kota-kotanya ya sahabat explorer

Kota Tertua Di Indonesia

Kira-kira kalian sudah pada tahu belum kota-kota tersebut ada apa saja? Dalam kesempatan kali ini kita akan membahasnya nih sahabat explorer. Kota asal kalian termasuk sebagai kota paling tua di Indonesia gak ya? Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya ya! Cekidot!

Baca Juga: Tips Foto Low Light Dengan Smartphone!



1. Palembang

Kota tertua di Indonesia yang pertama adalah Palembang. Kota Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Luas wilayah Palembang sekitar 358 kilometer persegi. Ibukota Sumatera Selatan ini dijuluki oleh dunia sebagai ‘‘Venice of The East” atau Venezia dari timur. Kota Palembang terbentuk karena adanya perang kerajaan Sriwijaya pada dahulu kala. Kota ini berdiri sejak tanggal 17 Juni 628 Masehi dan usianya sudah mencapai 1326 tahun. Maka dari itu, kota yang juga disebut sebagai Kota Sriwijaya ini termasuk yang tertua di Indonesia.

Siapa nih sahabat explorer yang berasal dari Palembang? Wah, pasti bangga banget ya!

2. Magelang

Kota tertua di Indonesia yang selanjutnya adalah Magelang. Kota yang satu ini berada di provinsi Jawa Tengah. Dikarenakan letaknya yang strategis, kota ini pernah dijadikan pusat lalu lintas perekonomian pada masa penjajahan pemerintah Belanda. Kota Magelang yang berdiri sejak 11 April 907 Masehi dan pernah menjadi ibukota kabupaten Magelang. Kota Magelang mengawali sejarahnya sebagai desa perdikan Mantyasih, dan saat ini dikenal dengan Kampung Meteseh. 



3. Jakarta

Kota tertua di Indonesia yang selanjutnya adalah Ibukota Indonesia itu sendiri yaitu Jakarta yang berada di wilayah Utara Pulau Jawa. Jakarta merupakan satu-satunya kota yang memiliki status setingkat dengan Provinsi loh sahabat explorer. Kota Jakarta ini terbentuk pada 22 Juni 1527. Sebelumnya, kota Jakarta ini bernama Sunda Kelapa (1527), kemudian berganti menjadi Jayakarta (1527-1619), Batavia (1619-1942), serta Jakarta Tokubetsu Shi (1942-1972). Saat ini namanya menjadi Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau DKI Jakarta.

4. Medan

Kota tertua di Indonesia yang selanjutnya adalah Medan. Ibukota dari Provinsi Sumatera Utara ini juga menjadi kota tertua yang ada di Indonesia. Selain itu kota ini juga merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan kota terbesar ketiga di Indonesia. Medan sangat terkenal akan danaunya yang sangat indah dan bersejarah, yaitu Danau Toba.

Kota ini menjadi pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat terbentuk sejak 1 Juli 1590. Orang yang pertama kali menemukan sebuah kampung yang bernama Medan ini berasal dari Eropa, beliau adalah  John Anderson.

5. Semarang

Kota tertua di Indonesia yang terakhir adalah Semarang. Kota Semarang merupakan Ibukota dari Provinsi Jawa Tengah. Kota yang paling berkembang di Pulau Jawa ini merupakan yang terbesar kelima di negeri Indonesia setelah Jakarta, Surabaya dan Medan. Luas wilayahnya mencapai 373,67 kilometer persegi.

Kota Semarang berdiri pada tanggal 2 Mei 1547 silam. Pada abad ke-8, kota ini pernah dikenal dengan Kerajaan Mataram. Hampir mirip dengan Palembang, Semarang mendapat julukan oleh Belanda “Venetie van Java”, itu semua dikarenakan wilayahnya dilalui banyak sungai di tengah kota, seperti Venezia.

Sahabat explorer, itulah beberapa kota tertua di Indonesia yang bisa YoExplore bagikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

 

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments