Gaya Hidup

Menu Makanan Sehat Ala Cristiano Ronaldo Juga Bisa Jadi Santap Sahur dan Buka Puasa, Loh!

makanan sehat cristiano ronaldo - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: insider

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, memasuki bulan puasa, kita memang harus mengonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi. Apalagi di tengah pandemi coronavirus ini yang membuat kita harus menjaga imunitas tubuh kita agar tetap dalam kondisi terbaik. Kita bisa juga mencontoh pola makan orang atau artis terkenal yang memang terkenal dengan gaya hidup sehat. Salah satunya adalah pesepakbola Cristiano Ronaldo. Peraih lima kali Ballon d’Or ini memang sangat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Tidak heran jika di usianya yang menginjak 35 tahun, Ronaldo masih bisa melakukan banyak hal magis di lapangan. Kuncinya adalah makanan sehat Cristiano Ronaldo yang memang sangat diperhatikan. 

Makanan Sehat Cristiano Ronaldo

Ronaldo sangat memperhatikan pola makannya, sahabat explorer. Makanan sehat dan juga olahraga yang konsistenlah yang membentuk Ronaldo seperti yang sekarang kita ketahui ini. Pola makan sehat mulai dari sarapan, makan siang, sampai makan malam Ronaldo ini juga bisa kita terapkan selama bulan puasa di tengah pandemi coronavirus ini, sahabat explorer

Mengutip dari wawancaranya bersama Goal.com, Ronaldo menuturkan bagaimana pola makan dan juga tips hidup sehatnya.

Ada sebuah ungkapan, yaitu, “tidak ada gunanya memiliki mobil terbaik jika kamu tidak memasukkan bahan bakar yang tepat di dalamnya”. Mungkin itu sedikit gambaran mengenai bagaimana Ronaldo sangat memperhatikan konsumsi makanannya setiap hari. Tidak mengejutkan apabila Ronaldo menjalankan diet hidup sehatnya ini secara serius. Ronaldo menuturkan, bila latihan yang baik haruslah diimbangi dengan diet yang baik pula. Dia juga menuturkan kalau dirinya makan makanan yang berprotein tinggi dengan banyak karbohidrat, buah, dan sayuran gandum utuh. Selain itu, Ronaldo juga menghindari asupan makanan yang manis dengan gula. 

Ronaldo tentunya memiliki ‘keuntungan’ tersendiri karena dia memiliki dokter ahli gizi pribadi yang memang tahu apa makanan yang sehat untuk dikonsumsi, terlebih untuk atlet profesional. Dokter tersebut sudah bekerja sama dengannya semenjak ia masih menjadi pemain Real Madrid. Ronaldo biasa makan enam kali sehari atau setiap 3-4 jam sekali. 

Baca Juga: Pandemi Corona, Bagaimana Aktivitas Cristiano Ronaldo Saat Lockdown?



Menu Sarapan

Memang tidak diketahui dengan pasti apakah menu sarapan Ronaldo berganti-ganti setiap harinya. Namun sepertinya makanan favoritnya untuk sarapan adalah menu telur, keju, ham, yogurt rendah lemak, roti, dan juga buah-buahan. 

Seperti yang kamu lihat pada unggahan Ronaldo di atas, memang terlihat sangat banyak dan sehat sekali ya, sahabat explorer. Makanan ini juga bisa menjadi menu pilihan kita untuk santap sahur, sahabat explorer. Yogurt yang kaya akan protein dan juga keju, roti, buah, gandum yang mengandung karbohidrat memang cukup untuk menjaga kebugaran kita selama seharian berpuasa. 

Makan Siang

Ronaldo, ternyata terbiasa meyantap makan siang sebanyak dua kali, sahabat explorer. Menunya bermacam-macam, namun biasanya Ronaldo mengonsumsi ayam dan salad untuk makan siang pertamanya. Cristiano menganggap ayam sebagai makanan magis karena mengandung tinggi protein dan juga lemak yang rendah. Makanan ini juga cocok untuk menu buka puasa atau sahur kamu, sahabat explorer. Sehatnya salad sayur dan juga ayam yang kaya akan protein akan mengembalikan tenaga kita selama berpuasa penuh atau untuk menjaga kebugaran kita apabila di santap saat sahur. Kamu bisa lihat berbagai macam menu sehat pengolahan ayam dan juga salad agar tetap bisa sesuai dengan cita rasa kamu. 

Makan Siang Kedua

Ronaldo sangat suka mengonsumsi ikan-ikanan. Salah satu makanan ini juga termasuk ke dalam diet makanan sehat Cristiano Ronaldo. Biasanya, makan siang kedua Ronaldo ini adalah tuna, buah zaitun, tomat, dan telur. Kadang, Ronaldo juga memvariasikan ikannya dengan membuatnya seperti sandwich dengan roti seperti unggahannya di bawah ini:

View this post on Instagram

Do you want some??🐠

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano) on

Kalau yang kita lihat, itu adalah ikan sarden yang memang sudah siap konsumsi dan diberi lagi tambahan roti. Kalau yang satu ini cocok juga untuk santap sahur, karena di Indonesia juga tersedia banyak ikan sarden kaleng yang sudah siap untuk dikonsumsi. Kamu hanya perlu menghangatkannya dan bisa menyantapnya juga dengan roti atau dengan nasi dan kentang. 

Makan Malam

Ronaldo biasanya sangat suka makan Ikan Todak (swordfish) dan salad sebagai menu makan malam pertamanya, sahabat explorer. Kalau yang satu ini memang mungkin jarang ditemukan mudah di pasar, sahabat explorer. Tentunya kamu bisa menggunakan ikan laut yang lainnya seperti salmon, misalnya. Yang terpenting adalah salad sayur yang selalu mendampingi makanan sehat Cristiano Ronaldo. 

Makan Malam Kedua

Untuk makan malam kedua, biasanya Ronaldo mengonsumsi Steak dengan salad, atau Calamari dengan salad sayur dan juga telur. 

View this post on Instagram

My food!!!!!!!!!😝

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano) on

Kalau makan steak, memang asyiknya saat berbuka puasa, sahabat explorer. Namun jangan lupa dengan tambahan saladnya, ya. Kamu bisa melihat berbagai macam olahan resep steak yang sehat dan cocok untuk berbuka puasa. Kamu bisa padukan lagi dengan tambahan kentang, saus barbeque atau saus blackpepper agar memberikan sedikit rasa pedas pada steak kamu. 

Semua makanan tersebut memang sehat asal sesuai dengan takaran dan juga diimbangi dengan olahraga ringan selama berpuasa. Jika kamu rajin mengikuti pola makan sehat tersebut, kemungkinan besar puasa kamu akan lancar dan badan juga jauh terasa lebih sehat, sahabat explorer

Ronaldo juga terbiasa mengonsumsi kudapan atau snack. Namun bukan snack yang mengandung MSG, sahabat explorer, kudapan Ronaldo adalah buah-buahan segar dan juga avocado toast. Kamu bisa makan kudapan ini juga sebagai menu pengganti makan sahur, karena avocado toast itu juga cukup mengenyangkan perut, loh!

Itulah beberapa makanan sehat Cristiano Ronaldo yang mungkin bisa kamu konsumsi sebagai menu makanan buka puasa atau santap sahur. Semoga artikel ini bermanfaat, tetap #dirumahaja dan stay safe, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments