Liburan Keluarga

6 Destinasi Wisata di Negara Kekuasaan Raja Salman

Negara Kekuasaan Raja Salman
sumber: Wanderlust Tips
Spread the love


YOEXPLORE.CO.ID – Sahabat explorer, siapa yang tidak tahu Arab Saudi? Negara yang dipimpin oleh Raja Salman ini, merupakan salah satu destinasi utama para pemeluk agama Islam di dalam menunaikan ibadah haji. Negara Arab Saudi, lebih tepatnya di kota Mekkah, merupakan rumah dari The Kaaba atau yang biasa kita sebut Ka’bah atau Kabah. Al Ka’bah Al Musyarrafah yang berarti Ka’bah Yang Suci merupakan sebuah bangunan di tengah-tengah masjid yang dianggap paling suci dalam agama Islam, yaitu Masjidil Haram atau Masjid al-Haram. Ka’bah sendiri dianggap sebagai Rumah Allah, atau Bait Suci dalam keyakinan Yahudi. Seluruh muslimah dan muslimin di dunia akan menghadap ke arah Ka’bah sebagai titik ketika melaksanakan shalat.

Negara Kekuasaan Raja Salman

sumber: tribun news

Selain untuk melakukan umrah ke Ka’bah dan Masjid al-Haram, banyak orang berkunjung untuk menikmati wisata religi. Kota yang berada pada ketinggian 277 meter di atas permukaan laut ini, rata-rata dikunjungi oleh 1,23 miliar orang per tahunnya, dengan durasi minimal seminggu penuh. Mekkah dan kota lain disekitarnya yang menjadi pusat ajaran agama Islam ternyata juga memiliki banyak daya tarik wisata lho, sahabat explorer

Inilah 6 Destinasi Wisata di Negara Kekuasaan Raja Salman:



Kawah Al Wahbah

Wisata alam di negara tempat Raja Salman berkuasa? Ada. Kawah unik yang satu ini berlokasi di timur laut Kota Mekkah. Al Wahbah memiliki diameter setara 1,6 kilometer dengan ketinggian tebing sekitar 259 meter yang membentang sampai ke dasar lubang. Warna putih yang mendominasi kawah berasal dari kristal natrium fosfat putih. Jika dilihat dari atas, kawah terlihat seperti bekas jatuhnya meteor lho, sahabat explorer. Gurun yang mengelilinginya menambah keindahan panorama Kawah Al Wahbah.

Kawah Al Wahbah Raja Salman

sumber: unusual traveler

Tahukan kamu, sahabat explorer? Pada musim hujan, dasar Kawah Al Wahbah akan terisi penuh sehingga terlihat seperti danau. Namun saat musim panas, kawah ini akan terlihat seperti ladang garam karena penguapan yang terjadi akibat sinar Matahari yang terik. Pada sisi atas kawah terdapat deretan pohon palem yang terlihat teduh. Kamu bahkan bisa berkemah dalam tenda-tenda tradisional Arab di sekitar kawah jika menyewa pemandu berlisensi. 

Al Kiswa Factory

Kiswa merupakan kain yang menutupi Ka’bah di tengah Masjidil Haram. Tahukah kamu, sahabat explorer? Pada negara tempat Raja Salman berkuasa ini, kamu dapat mengunjungi langsung pabrik pembuatan Kiswa. Di Al Kiswa Factory, kamu akan melihat rangkaian pembuatan Kiswa dari awal sampai akhir. Mulai dari mewarnai, menenun, mendesain, mencetak, menyulam, hingga sesi menjahit dapat kamu nikmati di sana. Terdapat juga pemandu wisata lokal yang akan menjelaskan seluk beluk tentang Kiswa.

Al Kiswa Factory

sumber: 360cities

Makka Auction

Sesuai dengan arti namanya, Makka Auction merupakan salah satu pusat lelang terbesar di Mekkah, bahkan di Arab Saudi. Di tempat lelang di negara tempat Raja Salman memerintah ini, kamu akan menemukan berbagai benda lelang yang aesthetic. Mulai dari perhiasan menakjubkan, cincin kuno, aneka benda bersejarah, hingga benda-benda unik lainnya dari berbagai penjuru dunia. Semua benda-benda unik tersebut dilelang secara berkala setiap harinya dan bebas diikuti oleh berbagai kalangan. Wah, sahabat explorer juga bisa mengikuti acara lelangnya lho! Siapa pun yang berani menawar dengan harga tertinggi akan menjadi orang yang berhak mendapat benda lelang tersebut. Tidak perlu khawatir, sahabat explorer, karena semua benda yang ada di Makka Auction akan disertai sertifikat resmi. Hal ini tentu bisa menambah nilai jual yang tinggi di masa depan lho, sahabat explorer!

Makka Auction Hilton Tower

sumber: agoda

Laut Merah

Sahabat explorer, alam memang selalu mampu membuat kita tercengang. Di negara tempat Raja Salman berkuasa ini, terdapat sebuah kawasan bahari yang bernama Laut Merah. Laut yang satu ini sangat terkenal akan keindahannya. Selain menikmati Laut Merah dengan berjalan dipinggir pantai, kamu juga bisa menyelam lho! Laut Merah sendiri memiliki tiga spot utama untuk menyelam yang cukup terkenal. Ada Sharm Obhur yang terkenal akan ikan badut nemo dan keindahan koralnya. Mau menikmati suasana aesthetic dari bangkai kapal yang instagramable? Coba berkunjung ke Abu Tair dan Abu Faramish. Kamu juga bisa menyaksikan ikan hiu dan ikan pari bertotol biru di sekitar bangkai kapal lho! kamu bisa menuju Abu Tair dan Abu Faramish.

Laut Merah Arab Saudi

sumber: travel kompas

Di Laut Merah juga terdapat salah satu pelabuhan terbesar milik Kerajaan Arabia, yaitu Al Lith. Kamu tidak perlu khawatir karena kini Al Lith sudah dibuka untuk umum dan siap menerima wisatawan dari manapun. Tempat komersial ini juga merupakan salah satu situs penyelaman bawah air dengan kejernihan air sebening kristal yang menakjubkan. Tidak lupa terumbu karangnya yang cerah nan indah. Wah, menarik sekali ya, sahabat explorer! Di sekitar kawasan Laut Merah juga terdapat jurang-jurang gunung, gua-gua yang terselip di tengah gunung, serta pasir putih yang indah dan panorama yang luar biasa.

Fakieh Aquarium, Salah Satu Kebanggaan Negara Kekuasaan Raja Salman

Di Fakieh Aquarium, kamu dapat menikmati lebih dari 200 spesies laut yang bisa dilihat sambil menyusuri terowongan yang menembus tangki-tangki besar. Mulai dari ikan Napoleon, belut taman, ubur-ubur Cassiopeia, cucut tokek, hingga hewan yang terancam punah, seperti kura-kura raksasa, semua ada disini. Penguin Humboldt dari Peru dan berbagai jenis ikan hiu juga ada dalam aquarium di negara kekuasaan  Raja Salman ini. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok bagi para orang tua yang mengajak serta anak-anaknya ketika menunaikan ibadah umroh. Selain sebagai hiburan rekreasi.

Fakieh Aquarium Jeddah Raja Salman

sumber: cobone

Fakieh Aquarium juga menjadi satu-satunya aquarium yang terbuka untuk umum di Arab Saudi yang menawarkan pendidikan bawah laut. Anak-anak dapat menikmati sambil mempelajari tentang kehidupan bawah laut dari Laut Merah dan keajaiban dari lautan samudera lainnya di dunia. Sahabat explorer juga dapat menikmati pertunjukkan Lumba-lumba dan Singa Laut yang diadakan setiap hari. Jika beruntung, kamu juga bisa diajak serta untuk berenang bersama lumba-lumba lho!

Masjid Al-Rahma, Masjid Terapung di Negara Kekuasaan Raja Salman

Tempat ibadah umat Muslim yang berada di negara kekuasaan Raja Salman ini sangatlah terkenal akan keunikannya. Masjid Al-Rahma biasa dikenal sebagai Masjid Terapung dan berdiri dikelilingi laut. Jika air sedang pasang, Masjid Al-Rahma terlihat seperti mengambang di air lho, sahabat explorer! Berdiri sejak tahun 1985, masjid bernama lengkap Masjid Fatima Al-Zahra ini merupakan salah satu masjid yang paling banyak dikunjungi di kota Jeddah.

Masjid Al Rahma Mengapung

sumber: tour dragon

Kombinasi dari arsitektur tradisional dan modern berbalut nuansa seni Islami membuat masjid ini tampak apik nan menawan. Keindahan masjid ini juga didukung oleh sistem suara dan pencahayaan yang sangat baik. Waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung ke masjid ini adalah pada saat fajar, sahabat explorer. Kamu dapat menikmati sunset dengan nuansa yang berbeda di Masjid Al-Rahma, yaitu pemandangan Laut Merah khas Timur Tengah.

Itulah 6 destinasi wisata di negara kekuasaan Raja Salman. Selain menunaikan ibadah umroh, kamu juga dapat menikmati Arab Saudi dari sisi pariwisata. Dari 6 destinasi di atas, mana yang sangat menarik untuk kamu, sahabat explorer? Atau jika kamu pernah ke sana, ada objek wisata lainkah yang ingin kamu rekomendasikan? Ayo tulis pengalaman atau rekomendasimu di kolom komentar atau dalam bentuk artikel bersama YoExplore!

 

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments