Nusa Tenggara Timur

3 Pulau Indah di Kawasan Taman Nasional Komodo!

komodo truk proyek
sumber: pinterest
Spread the love


YOEXPLORE.CO.ID – Sahabat explorer, beberapa waktu terakhir ini sempat viral foto komodo di Pulau Komodo berhadapan dengan sebuah truk hijau. Truk tersebut disebut-sebut sebagai salah satu truk dari proyek pembangunan Geopark di kawasan Taman Nasional Komodo. Berbagai kritik pun disuarakan oleh masyarakat. Banyak yang mengkhawatirkan bahwa proyek pembangunan Geopark malah akan merusak habitat asli di sana. Tentu kerusakan tersebut akan mengancam keberlangsungan hidup para endemik yang ada di sana, salah satunya adalah Komodo yang langka dan terancam punah.

viral komodo

sumber: solopos

Bukan Pulau Komodo, Proyek Geopark yang digadang-gadang sebagai Jurassic Park nya Indonesia ini ternyata hanya akan berlokasi di Pulau Rinca yang memang ditujukan untuk mass tourism.

Berbeda dengan Pulau Komodo yang memang memiliki fungsi kawasan konservasi  bagi keberlangsungan hidup spesies purba yang satu ini. Ternyata walaupun komodo seperti yang terdapat pada foto viral tersebut berada di Pulau Rinca, habitat komodo terbanyak bukanlah di pulau tersebut, melainkan di Pulau Komodo. Kepala Biro Humas Setda Provinsi NTT, Marius Jelamu, juga telah meminta bantuan otoritas setempat. Diharapkan para ranger atau pawang membuat strategi untuk menjauhkan para komodo dengan mengarahkan mereka untuk masuk ke bagian pulau yang lebih dalam. Hal ini tentu bertujuan untuk menjaga para komodo dari kegiatan proyek pembangunan. Pulau Rinca sendiri memang ditujukan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru dengan dijadikan destinasi super premium, seperti Labuan Bajo.

taman nasional komodo

sumber: mister aladin

Karena memang memiliki fungsi mass tourism, berbagai sarana dan prasarana, dermaga, serta fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan wisatawan pun akan dibangun. Sustainable tourism development, khususnya di bidang sosial dan ekonomi juga akan terdampak secara positif. Banyak lapangan pekerjaan baru yang akan hadir. Masyarakat sekitar juga akan dilatih untuk menjadi koki, guide, dan lainnya. Pusat souvenir juga akan dibangun di Pulau Rinca sehingga tidak ada lagi yang berjualan di Pulau Komodo sebagai kawasan konservasi. Pemerintah Nusa Tenggara Timur mengupayakan yang terbaik dalam menjaga pulau tersebut agar tidak ada pembangunan pariwisata yang mungkin akan mempengaruhi habitat asli hewan purba tersebut. Ternyata selain Pulau Komodo, masih banyak pulau-pulau lain yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, sahabat explorer. Ada pulau apa saja sih di kawasan Taman Nasional Komodo? Inilah 3 Pulau Indah di Kawasan Taman Nasional Komodo!



Table of Contents (Daftar Isi)

Pulau Komodo

Pulau yang satu ini merupakan salah satu habitat utama dari sang kadal purba raksasa. Selain menjadi tempat tinggal dari para komodo, ternyata pulau yang satu ini menyimpan banyak keindahan alam. Biasanya untuk menuju ke pulau ini, kita harus menggunakan kapal laut dari Labuan Bajo yang merupakan dermaga awal. Labuan Bajo sendiri merupakan salah satu destinasi super premium lho, sahabat explorer. Selama kurang lebih 3 jam perjalanan, kamu akan menikmati panorama bahari yang sangat luar biasa. Rasanya perjalanan menjadi sangat cepat berlalu. Di sini, kamu dapat mengobservasi komodo dari jarak dekat. Tidak perlu khawatir berada di dekat komodo karena kamu akan didampingi oleh ranger alias pawang sekaligus tour guide. Selain disuguhi dengan aktivitas komodo, kamu juga akan berinteraksi dengan satwa berkulit keras ini.

pulau komodo

sumber: the independent

Pulau ini juga mempunyai Pink Beach yang terkenal akan pasir merah muda yang cantik. Warnanya berasal dari terumbu karang berwarna senada yang tergerus air kemudian menyatu dengan pasir. Pengejar sunset dapat menikmati panorama semburat jingga dengan siluet pantai yang aesthetic. Ada juga Manta Point yang merupakan tempat snorkeling bersama spesies pari terbesar di dunia. Pulau ini merupakan satu dari 10 destinasi terbaik di Asia menurut Lonely Planet lho! Pulau ini yang menjadi titik awal dari digagasnya Taman Nasional Komodo.

pink beach NTT

sumber: love hard, travel often

Pada tahun 1910, Letnan Jacques Karel Henri van Steyn van Hensbroek berangkat ke Pulau Komodo untuk menyelidiki kabar tentang naga atau buaya yang berukuran sangat besar di sana. Beliau kembali dengan foto serta kulit binatang tersebut. Pieter Ouwens, direktur Kebun Raya Bogor pada saat itu menerima kiriman beliau dan menyadari hal penting. Hewan tersebut merupakan kadal raksasa yang besar dan merupakan penemuan baru dalam ilmu sains dunia. Pada tahun 1912, dunia akhirnya mengetahui keberadaan komodo lewat deskripsi formal pertama tentang Varanus Komodoensis yang diterbitkan oleh Pieter Ouwens.

Pulau Rinca

Ini dia pulau yang sedang viral karena proyek Geopark Indonesia. Pulau yang memang bertujuan sebagai kawasan mass tourism ini memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Di pulau yang satu ini, nuansa savanna akan terasa begitu kental. Panorama sekitar pun sangat indah untuk dinikmati. Padang rumput berwarna coklat gersang yang menutupi sebagian besar pulau ini bagaikan hamparan padang savana. Terdapat juga bukit-bukit yang dapat memaksimalkan pandanganmu dalam menikmati keindahan Pulau Rinca. Jika dilihat dari atas bukit, rasanya kecantikan pulau ini akan meningkat berkali-kali lipat. Perpaduan dari padang savana, lautan biru dengan pasir putih, dan bukit-bukit terjal yang gersang menjadi tempat berbagai jenis endemik, seperti babi liar, kerbau, burung, serta tentunya komodo.

pulau rinca

sumber: reddoorz

Kamu akan lebih mudah menemukan komodo di pulau ini. Walau jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Pulau Komodo, kamu akan lebih sering bertemu komodo karena luas area pulaunya yang lebih kecil. Uniknya, komodo di Pulau Rinca berukuran lebih besar daripada para komodo di pulau lainnya. Komodo di Pulau Rinca juga jauh lebih ganas sehubungan dengan suasana terik dari padang savana. Pastikan untuk tetap mengikuti protokol yang ada serta berada di dekat ranger alias pawang ya! Tersedia banyak trek pendakian serta rute-rute yang bisa kamu nikmati. Mulai dari tur mengunjungi komodo, dengan trek pendek, trek sedang, hingga trek terpanjang. Hutan bakau di Pulau Rinca juga tidak kalah menarik untuk dinikmati lho! 

Pulau Padar

Kalau pulau yang satu ini memang terkenal viral karena panorama eksotisnya yang luar biasa banget. Pulau Padar merupakan salah satu pulau paling fotogenic di kawasan Taman Nasional Komodo. Untuk mencapai keindahan di puncak, ada perjuangan mendaki yang perlu kamu lalui. Sekitar kurang lebih 30 menit menikmati trekking ratusan anak tangga dengan pemandangan alam sekitar yang indah akan membuat rasa lelahmu tidak terasa.

padar island

disparbud kabupaten manggarai barat

Di puncak bukit Pulau Padar, kamu bisa menikmati keindahan area pulau yang terlihat abstrak. Ketidaksempurnaan bentuk dan liukan-liukan tersebut ternyata malah menghadirkan potensi wisata yang luar biasa. Selamat menikmati 3 teluk raksasa di ketiga sisi Pulau Padar. Walau kabarnya pulau yang satu ini merupakan tempat pembuangan komodo-komodo bermasalah, seperti menyerang atau menggigit pengunjung di pulau lain, kamu tidak perlu khawatir selama tetap mengikuti panduan petugas setempat. Di pulau ini juga hanya terdapat sedikit komodo, yaitu kurang lebih 7 ekor, dan tidak bisa kamu temui secara sembarangan. 

Itulah 3 Pulau Indah di Kawasan Taman Nasional Komodo! Pulau mana yang menjadi favoritmu, sahabat explorer? Tulis di kolom komentar atau ceritakan dalam bentuk artikel bersama YoExplore jika kamu punya rekomendasi pulau-pulau yang tak kalah menarik. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan selama traveling di tengah new normal ya! 



Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments