Malaysia Aktivitas Wisata

Cerita Traveling ke Malaysia Bersama Keluarga

Sungai Melaka - Cerita Traveling Ke Malaysia
Spread the love


Cerita traveling ke Malaysia ini berkisahkan tentang perjalanan saya bersama keluarga menggunakan paket perjalanan dari YoExplore. Kami menelusuri Malaysia dalam satu minggu penuh dengan sangat menyenangkan. 

Cerita Traveling ke Malaysia, Mulai dari Melaka, Sebuah Negara Bagian Unik di Malaysia

Cerita traveling ke Malaysia akan saya mulai dari Melaka. Hal yang paling saya senangi ketika berkunjung pertama kali ke Malaysia adalah mengunjungi Melaka. Melaka adalah kota indah yang menyenangkan. Ada cukup banyak hotel dan hostel yang tersedia, tetapi ada juga banyak pemilik rumah yang bersedia menyewakan rumahnya di Melaka.

Kota ini memiliki banyak atraksi yang indah, semuanya dengan jelas mewakili sejarah kota yang luar biasa. Dari Kuala Lumpur kamu dapat dengan mudah mengakses Melaka dengan bus, taksi, atau mobil sewaan . Penduduk ibu kota sering bepergian ke Melaka selama akhir pekan untuk istirahat dan menikmati makanan lezat yang terkenal di kota itu.

Di seberang Gereja St. Francis Xavier kamu juga akan menemukan tempat parkir mobil yang luas dimana kamu dapat memarkir mobilmu dengan harga RM10. Ini sangat berguna jika kamu bepergian ke Melaka dengan mobil.

Ada banyak pengemudi becak di kota ini, yang akan mengantarmu melewati kota hanya dengan beberapa ringgit. Becak dulunya adalah alat transportasi yang menyenangkan, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi sedikit lepas kendali. Para pengemudi mulai memasang sistem suara besar pada becak mereka dan sekarang mereka melewati jalan-jalan di Melaka dengan banyak kebisingan. Perjalanan dari Porta de Santiago ke Jonker Street misalnya, akan dikenakan biaya RM10.



Atraksi di dalam dan sekitar Melaka

Atraksi menyenangkan di Melaka misalnya kunjungan ke Gereja St. Paul, yang dulunya adalah gereja untuk orang Portugis dan kemudian menjadi kuburan selama pendudukan Belanda.

Pemandangan di dekat Gereja St. Paul, Porta de Santiago, pernah dibangun oleh Portugis sebagai benteng untuk melindungi diri dari serangan Belanda. Tidak banyak yang tersisa setelah beberapa perang, tetapi pintu masuk masih berdiri tegak di tempatnya.

Selain itu, terdapat pula, Stadthuys, yang dibangun oleh Gubernur Belanda, sebuah bangunan indah, dengan eksterior merah dan menara jam merah di dekatnya.

Gereja Kristus - Cerita Traveling Ke Malaysia

Di sebelah Stadthuys kamu akan dapat menemukan Gereja Kristus, di mana kamu dapat mengenali arsitektur Belanda pada masa itu dengan lebih jelas. Tempat terkenal lainnya di Melaka adalah, Jalan Jonker, Bukit Cina, Masjid Kampung Keling, Kuil Cheng Hoon Teng, pemukiman Portugis, dan Gereja St. Francis Xavier yang bengkok.

Cerita traveling ke Malaysia dengan pelayaran sungai pada malam hari di Melaka

Sungai Melaka - Cerita Traveling Ke Malaysia

Daya tarik besar lainnya adalah perjalanan perahu di sungai kecil yang mengalir melalui kota. Titik lepas landas berada di dekat Gereja St. Francis Xavier. Ada juga lokasi keberangkatan di dekat jembatan yang menuju ke Jalan Jonker. 

Biaya perjalanan perahu di sepanjang kanal adalah RM10 per orang (RM5 untuk anak-anak). Tur berlangsung sekitar 30/40 menit. Selain menyenangkan di siang hari, tur ini juga menyenangkan untuk dilakukan di malam hari. Saat hari gelap, semua Melaka menyala (yang terkadang sedikit terlalu turis).

Melaka juga dapat dijelajahi dengan bus karena wisatawan dapat mengunjungi situs sejarah Melaka dengan naik bus tingkat merah hanya dengan RM5 per orang per hari. Hal terbaik dari ‘Malacca City Tour’ ini adalah kamu dapat turun di situs bersejarah dan naik lagi di bus berikutnya untuk mengunjungi situs bersejarah lainnya.

Ada juga bus tingkat ‘Panorama Melaka’ yang membawa penumpang ke berbagai tempat menarik lainnya di dalam dan sekitar Melaka. Tarif bus ini adalah RM2 per orang per hari; kamu dapat pergi ke Melaka Sentral, Perpustakaan Melaka, Rumah Sakit Melaka, dan banyak tempat lainnya. 

Ada banyak tempat dimana kamu bisa memulai tur; permulaan resmi untuk Panorama Melaka adalah di Terminal Bus Sentral Melaka. Operasional dimulai antara jam 7 pagi dan 10 malam setiap hari. Bus tingkat akan berangkat setiap 45 menit dari halte tertentu di sepanjang rute, bus panorama setiap 20 menit.

Pasar Malam Jonker Street Melaka

Cerita traveling ke Malaysia selanjutnya adalah bersenang-senang di jalan Jonker di Melaka. Jonker Street adalah pusat artistik Melaka. Di sini kamu akan menemukan banyak galeri seni, toko barang antik, dan toko tempatmu dapat membeli berbagai ornamen. 

Di sepanjang Temple Street (sejajar dengan Jonker Street) ada banyak toko kecil yang bagus. Satu toko khususnya menjual plakat tradisional yang sangat bagus dengan ilustrasi bangunan kuno Melaka.  Yang kecil dijual dengan harga sekitar RM40, yang lebih besar seharga lebih dari RM200 (ada yang dibuat dengan tangan dan sangat indah).

Setiap malam Jonker Street diubah menjadi pasar malam yang luar biasa. Kamu dapat membeli apa saja di sini dan ada juga beberapa tempat di mana kamu dapat duduk dan makan atau minum (terutama banyak makanan ringan lokal). 

Jonker Street juga dipenuhi dengan restoran kecil dan restoran lain di mana kamu bisa makan enak dengan harga murah. Terutama restoran Chicken Rice Ball yang sangat populer di kalangan penduduk setempat. Pasar malam akan dimulai setiap hari pukul 18.00 dan tutup pada tengah malam. Makanan ringan yang populer adalah Popiah, Potato Twister dan kue kajang manis lokal.

Mengunjungi Johor Bahru, Cerita Traveling Ke Malaysia Penuh Belanja!

Cerita traveling ke Malaysia kali ini akan penuh dengan belanja! Kalau kamu suka belanja, kamu akan senang untuk datang ke Johor Bahru.  Johor Bahru (biasa disebut JB) adalah kota paling selatan di Malaysia. JB adalah salah satu kota terbesar di negara (terbesar ke-2) dengan lebih dari 2,7 juta penduduk (termasuk pinggiran kota).

Megaproyek saat ini, Iskandar, menurut para ahli akan mengubah Johor Bahru menjadi pusat keuangan terbesar di Malaysia. Kota ini menerima sekitar 16 juta wisatawan setiap tahun. Johor dihubungkan oleh dua jembatan dengan negara tetangga Singapura. 

Bahkan, banyak penduduk Singapura yang pergi ke Johor Bahru untuk berbelanja dengan harga terjangkau di salah satu dari banyak pusat perbelanjaan. Bagi warga Singapura, Johor Bahru sebenarnya adalah tempat yang sangat murah untuk berbelanja.

Karena itu, banyak ekspatriat dari Kuala Lumpur saat ini pindah ke Johor. Kota ini merupakan pusat industri, pariwisata, dan komersial penting bagi Malaysia bagian selatan dan salah satu pusat industri terbesar di negara itu.

Pilihan Tempat Belanja Seru di Johor Bahru

Kalau kamu suka berbelanja, destinasi-destinasi berikut bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi:

Pasar Malam KSL 

Dapatkan barang-barang murah sambil menikmati kue udang renyah dan minuman kelapa laut. Elektronik, pakaian, parfum, perhiasan imitasi, barang-barang rumah tangga, dan mainan anak-anak semuanya adalah bagian dari pasar ini. Pasar malam KSL memiliki segalanya mulai dari kue marmer klasik hingga sifon pandan, favorit orang Singapura.

Pasar Karat

Kamu tidak akan menyelesaikan tur Johor Bahru tanpa mengunjungi pasar malam ini. Barang-barang murah, barang bekas, syal, tas tangan, artefak dekoratif, dan bahkan plakat vintage semuanya ditampilkan di bawah kanopi biru dengan lampu neon. Sebuah live band terkadang ditampilkan di pasar ini.

Ungku Tun Aminah Pasar Malam

Pada cerita traveling ke Malaysia ini, saya mendapatkan kesempatan untuk mampir di Ungku Tun Aminah Pasar Malam. Ketika di sini, kamu bisa mendapatkan semua pakaian, keramik, dan mainan anak-anak. Ungku Tun Aminah adalah pasar malam yang populer pada hari Sabtu, dan di sinilah semua orang yang lelah sepanjang minggu datang untuk menyegarkan diri.

Pilihan perjalanan dari Singapura untuk cerita traveling ke Malaysia di Johor Bahru

Karena sangat dekat satu sama lain, Kamu dapat melakukan perjalanan dari Singapura ke Johor Bahru, baik melalui udara maupunjalan darat. Bagi mereka yang merencanakan mengawali cerita traveling ke Malaysia dengan perjalanan udara, yang terbaik adalah terbang dari atau ke Bandara Changi Singapura.

Bagi yang berencana menempuh jalur darat, cerita traveling ke Malaysia kamu bisa dimulai dengan menempuh perjalanan dengan mobil menggunakan Causeway atau Second Link. Jalan lintas memungkinkan kamu untuk menyeberang menggunakan bus, kereta api, mobil, atau taksi. Sedangkan untuk kereta, kamu bisa naik dari Woodlands, yang akan membawamu ke JB Central.

Berapa jauh Johor Bahru dari Kuala Lumpur?

Sama seperti Singapura, ada banyak pilihan dalam cerita traveling ke Malaysia kali ini untuk mencapai Johor Bahru dari Kuala Lumpur juga. Kamu dapat mengambil rute udara, bus, taksi, atau kereta api, dan kamu akan sampai di sana dalam waktu maksimal 7 jam dan minimal 45 menit. Jarak terbangnya mencapai 296 kilometer, sedangkan jarak tempuh 334,59 kilometer.

Pilihan perjalanan dari KL

Seperti disebutkan di atas, ada banyak pilihan cerita traveling ke Malaysia untuk mencapai Johor Bahru dari KL. Jika kamu seorang pebisnis, kamu bisa memilih perjalanan lewat udara yang memakan waktu sekitar 45 menit. Perjalanan bus ke tempat yang sama akan memakan waktu sekitar 4,5 jam.

Perjalanan dengan taksi atau mobil akan memakan waktu minimal 5 jam, dan perjalanan kereta api akan menjadi yang terlama pada 6 hingga 7 jam.

Hal menyenangkan untuk cerita traveling ke Malaysia yang dilakukan di Johor Bahru 

Mari kita cari tahu cerita traveling ke Malaysia dari hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Johor Bahru, Malaysia.

 Kunjungi Kebun Binatang Johor

Salah satu kebun binatang pertama yang dibangun di Asia Tenggara, Kebun Binatang Johor, adalah rumah bagi gajah, singa, flamingo, dan banyak hewan lainnya.  Bagian favorit untuk dilakukan adalah menonton hewan-hewan dan memberi mereka makan juga.

Kunjungi kuil Cina tua Johor Bahru

Kuil tradisional yang berasal dari abad ke-19, Kuil Cina Kuno Johor Bahru adalah salah satu bangunan keagamaan tertua dari jenisnya. Bangunan ini menceritakan kisah orang Tionghoa yang pertama kali datang ke Johor Bahru.

Wisata Istana Besar

Rumah bagi Sultan Abu Bakar, Istana Besar adalah perpaduan indah antara Arsitektur Melayu dan Barat. Dalam tempat ini terdapat Museum Royal Abu Baker, yang menyimpan artefak langka, pusaka kerajaan, dan sejarah keluarga kerajaan. 

Bersenang-senang di Legoland Malaysia

Legoland - Cerita Traveling Ke Malaysia
Gambar: Pixabay.com

Jika kamu datang bersama anak-anak, kamu tidak boleh melewatkan Legoland Malaysia. Dibuka pada tahun 2012 dan berisi lebih dari 40 wahana untuk para pengunjung.  Yang paling terkenal dari Legoland Malaysia adalah labirin pencarian laser, mobil bumper, dan pesawat terbang. 

Jelajahi Galeri Peninggalan Johor Bahru Kwong Siew

Johor Bahru Kwong Siew Heritage Gallery adalah museum yang menceritakan tentang klan Kwong Siew.  Untuk beberapa nama, kamu akan menemukan kostum tradisional, artefak langka milik klan tersebut, senjata, dan koin kuno.

Ceritakan cerita travelingmu di Yoexplore

Demikianlah keseruan cerita traveling saya ke Malaysia. Kalau kamu mau menikmati keseruannya juga, bisa ikutan paket tur 3 Negara yang diselenggarakan YoExplore. Simak keseruannya pada video di bawah ini ya!

Nah, sambil seru menikmati cerita traveling ke Malaysia, kamu pun bisa menceritakan pengalaman unik traveling kamu saat menjelajahi Asia. Kamu bisa membagikan tips dan trik yang kamu dapatkan selama perjalanan traveling kamu tersebut dengan menulis artikel di YoExplore. Tulisan kamu bisa kamu kirim dengan memanfaatkan layanan guest post YoExplore, loh! 

 

 

Tentang penulis

Warda Karimah

Warda Karimah

Menjelajahi dunia, menikmati berbagai cita rasa masakan di dunia dan juga mencoba berbagai hal baru membuat hari saya sangat menyenangakan. Sebagai kontributor untuk YOEXPLORE.CO.ID, saya sangat bersemangat utuk membagi berbagai hal tersebut bersama sahabat explorer, selamat membaca!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments