Gaya Hidup

Berikut Adalah Oleh-Oleh Khas Surabaya Yang Wajib Kalian Beli!

oleh-oleh khas surabaya - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: gojek

YOEXPLORE, Tour Operator – Saat liburan memang sepertinya wajib untuk membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Biasanya oleh-oleh itu akan diberikan kepada keluarga, teman nongkrong, teman kantor, ataupun orang yang kita sayangi, sahabat explorer. Di Indonesia, hampir setiap daerahnya memiliki oleh-oleh khas yang unik dan hanya bisa ditemukan di daerah tersebut. Itulah salah satu alasan kenapa orang suka traveling, karena mereka juga suka untuk membeli oleh-oleh tersebut, sahabat explorer. Seperti contohnya kalau kita liburan ke Jogja, maka wajib hukumnya untuk membeli oleh-oleh Bakpia Pathok, sahabat explorer. Misalkan kita ke Semarang, maka kita harus membeli Wingko Babat yang memang sudah menjadi oleh-oleh khas Semarang yang sangat terkenal. Begitu juga dengan oleh-oleh khas Surabaya, kota besar yang satu ini juga memiliki oleh-oleh yang tidak kalah menarik untuk dibeli, sahabat explorer

Oleh-Oleh Khas Surabaya

Jadi, sambil wisata kuliner di Kota Pahlawan ini, kalian juga jangan sampai lupa membeli oleh-oleh khasnya, ya. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya, sahabat explorer.

Baca Juga: Berikut Adalah Traveler Paling Fenomenal Yang Pernah Ada!



1. Spikoe Resep Kuno Surabaya

Oleh-oleh khas Surabaya yang wajib kalian beli pertama adalah Spikoe, yang merupakan resep kuno khas Surabaya. Kue lapis Spikoe Resep Kuno Surabaya sudah ada semenjak tahun 1970-an. Dari awal berdiri sampai sekarang, Spikoe menggunakan resep kuno sehingga cita rasanya tidak berubah, sahabat explorer. Proses pembuatannya menggunakan telur yang sangat banyak sehingga teksturnya juga sangat lembut. 

Terdapat dua lapis dalam satu Spikoe, kue coklat dan juga original. Kue lapis resep kuno ini menghadirkan manis dari roti, sedikit asam dari selai dan juga kismis. Bagian coklatnya terdapat rasa sedikit pahit, khas cokelat asli. Kue dari Spikoe Resep Kuno Surabaya ini terdiri dari beberapa varian: spikoe lapis raisin, spikoe tanpa kismis, spikoe prunes,  dan juga spikoe speculaas. Kalian bisa mendapatkan lapis Spikoe di Jalan Rungkut Madya No.41, Rungkut, Rungkut Kidul, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. Harga dari Spikoe Resep Kuno Surabaya ini bervarian, mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 290.000.

2. Almond Crispy

Oleh-oleh yang selanjutnya adalah Almond Crispy. Rasanya belum ke Surabaya, sahabat explorer, kalau kalian belum pernah mencoba makanan yang satu ini. Rasa yang gurih, manis dan juga creamy ini seakan tidak ada duanya, sahabat explorer!

Dengan cita rasanya yang lezat, dapat membuat ketagihan dan mampu manjakan lidah, tidak ada salahnya apabila Almond Crispy ini masuk ke dalam daftar makanan atau camilan yang wajib kalian coba dan beli sebagai oleh-oleh. Dalam satu Almond Crispy terdapat beberapa kue garing yang manis, diatasnya diberi taburan kacang almond dan juga keju. Makanan ini semakin naik daun dan banyak menambah varian rasa., sahabat explorer

Kalian bisa menemui Almond Crispy rasa original, green tea, mocca, dan juga coklat. Jika ingin menikmati satu kotak Almond Crispy, kalian harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 50.000 hingga Rp 60.000. Kalian bisa mengunjungi Jalan Basuki Rahmat No.72, Tegalsari, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya. Selain itu Almond Crispy bisa didapat di seluruh pusat oleh-oleh di Surabaya.



3. Sambal Bu Rudy

Yang selanjutnya adalah sambal Bu Rudy. Sambal Bu Rudy memang sering dicari oleh para pecinta makanan pedas jika sedang berkunjung ke Surabaya. Sambal Bu Rudy memiliki tiga varian: sambal bawang, sambal terasi dan juga sambal hijau. Untuk tingkat pedasnya jangan ditanya lagi, sahabat explorer, dijamin ketagihan. Rasa pedas yang dihadirkan sambal bawang berbaur dengan rasa yang gurih dari bawang merah. Kemudian sambal terasinya juga memiliki rasa yang pedas dan asin. Untuk harga dari sambal bawang ini dipatok dengan harga Rp 24.000, sambal ijo dan sambal terasi dihargai Rp 27.000. Kalian bisa mendatangi Depot Bu Rudy di Jalan Anjasmoro No.45, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur.

Sahabat explorer, itulah beberapa oleh-oleh khas Surabaya yang bisa kalian bawa pulang ke rumah untuk orang-orang tercinta. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments