Makanan Dan Minuman

Cara Membuat Sambal Goreng Daging Khas Makassar

Cara Membuat Sambal Goreng Daging Khas Makassar - YoExplore, Liburan Keluarga - yoexplore.co.id
image source: resepmasakanmaknyak

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, kembali lagi dalam tema kuliner yang dipersembahkan oleh YoExplore. Indonesia memang menyediakan berbagai macam jenis kuliner yang rasanya sangat nikmat. Mulai dari cemilan, makanan berat, bahkan sampai ke minuman khas daerah masing-masing, sahabat explorer. Sekarang, kita akan membahas salah satu kuliner yang wajib ada pada setiap momen lebaran di salah satu kota di Sulawesi. Makanan ini berbahan dasar daging sapi, sahabat explorer. Mungkin dari kalian sudah ada yang bisa menebak ya? Hehe, baiklah kalau begitu, mari kita langsung simak bahan-bahan dan juga cara membuat sambal goreng daging khas Makassar ini, ya, sahabat explorer

Cara Membuat Sambal Goreng Daging Khas Makassar

Baca Juga: Sambal Goreng Daging! Rasa Pedas Dan Daging Sapi Yang Menggoyang Lidah!



Bahan-Bahan

Ada beberapa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal goreng daging khas Makassar ini, sahabat explorer. Bahan-bahan yang diperlukan lumayan banyak, dengan demikian kalian bisa capture atau catat saja bahan-bahan berikut ini, agar hasilnya yang didapat nanti maksimal, sahabat explorer

  1. Daging sapi kira-kira 400-500 gr.
  2. Terasi setengah sendok makan
  3. Asam Jawa (hampir) 1 sendok makan
  4. Pala, lebih baik  pakai yang bubuk setengah sendok teh
  5. Merica, lebih baik pakai yang bubuk satu sendok teh
  6. Cengkeh 5  butir
  7. Gula Merah (sesuai selera saja)
  8. Cabe Merah besar 3-5 buah, sesuai selera
  9. Bawang merah, kira-kira 6-7 siung 
  10. Bawang putih, 2 siung
  11. Sereh, satu batang yang bagian putihnya saja
  12. Lengkuas, yang bubuk setengah sendok teh
  13. Kecap, satu sendok makan
  14. Minyak goreng kira-kira 1-2 sendok makan.
  15. Garam secukupnya.
  16. Kentang goreng. Kentang diiris korek api dan digoreng sampai kering.

Bagaimana, sahabat explorer? Lumayan banyak kan bahan-bahannya? Maka dari itu, kalian harus catat agar tidak ada yang kelupaan untuk dibeli, karena kalau kurang pasti akan merubah rasa dari masakan tersebut, sahabat explorer

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan terkumpul, kita bisa langsung masuk ke dalam cara membuat sambal goreng daging khas Makassar ini, sahabat explorer. Ikuti langkah-langkah dalam cara pembuatannya agar hasilnya maksimal, bumbu meresap dengan sempurna dan tekstur yang baik. Langsung simak ya!

  1. Daging sapi dipotong kotak-kotak, ukuran sesuai selera. Tentunya, dibersihkan lebih dahulu, ya, sahabat explorer
  2. Rebus daging bersama pala,  merica, terasi, cengkih dan asam jawa (encerkan dengan air sekitar 2 sdm) ditambah gula merah. Tidak perlu air tambahan dulu ya, sahabat explorer. Nanti, dagingnya akan mengeluarkan air dengan sendirinya. Rebus sampai kira-kira setengah empuk. Kemudian tambahkan air jika perlu.
  3. Sambil menunggu daging empuk, haluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan jahe. Campurkan dengan lengkuas bubuk tadi. Kalau pakai yang segar, diulek bareng ya, sahabat explorer.
  4. Kalau daging sudah setengah empuk, sisakan airnya sedikit, kemudian masukkan bumbu yang dihaluskan tadi (di nomor 3) ke dalam daging tersebut. Serehnya jangan lupa dimasukkan juga. Aduk-aduk sampai merata.
  5. Masak sampai benar-benar empuk. Harus sabar jika memasak daging sapi, kecuali jika kamu menggunakan panci presto. 
  6. Kalau dirasa sudah hampir empuk tambahkan minyak goreng, kemudian aduk lagi.
  7. Tambahkan kecap + garam, lalu aduk lagi. Menambahkan garam sebaiknya pas daging sudah benar-benar empuk.
  8. Setelah matang, angkat dan kemudian sajikan

Sahabat explorer, itulah cara membuat sambal goreng daging khas Makassar yang bisa YoExplore persembahkan kepada kamu. Rasanya dijamin nikmat deh, sahabat explorer, keluarga di rumah pasti akan ketagihan. 

Semoga resep kuliner ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments