Backpacker Gaya Hidup

Tips Memilih Penginapan Dibawah 100 Ribu Per Malam Yang Nyaman!

Penginapan Dibawah 100 Ribu
sumber: om sign and graphic

YOEXPLORE.CO.ID – Ketika melakukan perjalanan tentunya hal utama yang disiapkan adalah itinerary. Di dalam itinerary pastinya harus menjadwalkan semua kegiatan perjalanan dengan baik dimulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Berkaitan dengan hal ini, kebutuhan akan akomodasi seperti wajib hukumnya dilihat dari semakin bertumbuhnya bisnis-bisnis pariwisata untuk menunjang kebutuhan wisatawan. Tidak lupa terkhususnya tempat penginapan. Apakah kamu sedang mencari tempat penginapan dibawah 100 ribu yang nyaman?

Penginapan Dibawah 100 Ribu

sumber: mental floss

Penginapan adalah suatu bangunan atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dimana setiap orang dapat menggunakan sebagai tempat tinggal sementara dengan membayar sewa. Penginapan merupakan salah satu bentuk akomodasi bagi orang yang melakukan kegiatan yang dilakukan bukan pada tempat tinggal sehari-hari atau berada di luar kota untuk kepentingan sesuatu seperti berwisata, bisnis, pertemuan dan lain sebagainya.

Penginapan Dibawah 100 Ribu

sumber: rumah hokie

Terdapat berbagai macam jenis penginapan, mulai dari guest house, homestay, hostel, motel, hotel, villa, apartment dan masih banyak lagi. Harganya pun beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Biasanya wisatawan dengan budget lebih cenderung memilih penginapan yang lebih mahal demi mendapatkan keamanan dan kenyaman selama traveling. Namun, tidak berarti penginapan yang murah tidak bisa memberikan kenyamanan loh. Berikut ini adalah 9 Tips Memilih Penginapan Dibawah 100 Ribu Per Malam Yang Nyaman:



FILTER HARGA

This is really important untuk memilih penginapan dibawah 100 ribu. Karena kamu sudah menentukan untuk budgetnya adalah under 100k. Jadi, langsung saja ke fitur filtering dalam sebuah aplikasi untuk mencari kamar dengan harga dibawah 100 ribu ya, bisa dimulai dari 50 ribu sampai 99 ribu, pokoknya as you wish.

Penginapan Dibawah 100 Ribu

sumber: liputan6

RATING

Kamu harus tahu berapa rating yang diberikan oleh tamu yang sudah pernah menginap terlebih dahulu di tempat penginapan yang kamu tuju. Pengalaman yang mereka miliki cukup penting. Karena melalui rating, kamu bisa mengukur sebaik apa tempat penginapan tersebut untuk kamu pilih nantinya. Pastikan untuk membaca ulasan rating yang ada sebelum memesan penginapan dibawah 100 ribu ya!

Penginapan Dibawah 100 Ribu

sumber: HRS

REVIEWS

Wahhh! Ini sih tidak boleh kamu skip. Karena, dari review traveler lainnya bisa mempengaruhi keyakinan kamu untuk memilih kamar di penginapan dibawah 100 ribu. Meskipun di awal ratingnya sudah bagus, kamu tetap harus jeli ya! Usahakan untuk membaca setidaknya 10 review. Ingat, kuncinya adalah baca dari yang terburuknya lebih dahulu. Tidak semua penginapan dengan rating yang amazing akan cocok di kamu.

Penginapan Dibawah 100 Ribu

sumber: web in travel

Setiap penginapan pasti akan ada komen baik dan buruk because we have our own perspective. So, please read the bad reviews also. Apa saja poin-poin yang membuat tamu sebelumnya tidak puas atau kecewa perlu diperhatikan. Mungkin saja kamu setuju dan menjadikan hal itu pertimbangan sebelum melakukan booking kamar.

LOKASI

Pastikan kamu sudah tahu apa nama jalan, daerah atau tempat penginapan dibawah 100 ribu yang akan kamu tuju. Hal ini akan memudahkan kamu untuk memilih penginapan dengan jarak lokasi yang tidak jauh dari destinasi wisata. Sehingga kamu dapat melanglang buana kemana-kemana dengan maksimal serta penginapan cukup strategis untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Lumayan kan bisa menghemat uang transportasi!

Penginapan Dibawah 100 Ribu

sumber: frommer’s

TIPE KAMAR

Inti dari menginap disebuah tempat penginapan adalah mendapatkan tempat tidur yang nyaman untuk beristirahat. Jadi, pilihlah kamar yang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan yang bisa dilihat dari reviews. Untuk kamar penginapan dibawah 100 ribu tentunya kamu tidak bisa berekspektasi terlalu tinggi. Biasanya fasilitas kamar yang ditawarkan hanya berupa dormitory atau tipe bunk bed yang diperuntukkan 4-10 orang dalam satu kamar. Tapi kabar baiknya adalah kamu akan mendapatkan jaringan teman yang banyak. That’s a great point!

Penginapan Dibawah 100 Ribu

sumber: booking.com

Based on my experience, membaca review tentang kondisi kamar dan tempat tidur sangat membantu. Sejauh ini, saya selalu dapat kamar yang nyaman dengan privacy terjaga. But it depends on you. Kamu bisa saja pilih kamar sekelas hotel bintang 2 atau bintang 3  seperti OYO, Airy rooms, Reddoorz dan hotel sejenis lainnya. Mereka juga bisa menjadi pilihan penginapan dibawah 100 ribu dengan promo yang ditawarkan serta keberuntungan kamu di dalam mendapatkan harga miring!

FASILITAS

Sebelum menentukan mau booking penginapan dibawah 100 ribu yang mana, pastikan untuk mengecek fasilitasnya. Kamu harus baca apa saja fasilitas yang ditawarkan oleh penginapan dibawah 100 ribu tersebut. Mulai dari ada tidaknya free wifi yang super wajib apalagi jika berada di luar negeri sampai free breakfast. Namun jika kamu cenderung lebih suka eksplor kuliner khas daerah yang dikunjungi, mungkin kamu tidak mempermasalahkan sarapan. Kemudian, poin-poin yang tidak kalah penting adalah airport shuttle. Hal ini untuk memudahkan kamu pulang pergi dari bandara ke penginapan dan sebaliknya.

Penginapan Dibawah 100 Ribu

sumber: resorts world sentosa

Front desk 24 jam juga perlu diperhatikan karena waktu hanya bisa diestimasikan, jadi pilih yang 24 jam saja biar aman. Selanjutnya adalah pastikan apa sistem pembayaran yang dapat digunakan. Apakah itu menggunakan credit card atau cash. Jangan lupa check what’s nearby berupa fasilitas yang dekat area penginapan seperti ATM, restoran/cafe, pasar, stasiun/terminal, taman dan lain-lain. Jangan lupa cek fasilitas security atau CCTV 24 jam demi menunjang keamanan selama menginap. Yang terakhir adalah fasilitas laundry yang sebenarnya opsional dan tergantung kebutuhan kamu selama traveling.

KAMAR MANDI

Jangan lupakan poin yang satu ini saat memilih penginapan dibawah 100 ribu. Usahakan memilih kamar dengan kamar mandi dalam yah. Biasanya kalau kamar mandi terpisah akan digunakan secara campur oleh pria dan wanita. Untuk kaum wanita, usahakan memilih kamar mandi khusus wanita saja. Privacy is number one dalam hal ini. But, again it depends on you.

Penginapan Dibawah 100 Ribu

sumber: plan n design

HOUSE RULES

Setiap penginapan dibawah 100 ribu tentu akan menetapkan rules atau peraturan. Mulai dari batas waktu check-in dan check-out, pembatalan, jam malam masuk penginapan, batas umur, tidak boleh membawa hewan peliharaan, sistem pembayaran cash/credit card, kebijakan extrabed dan lain-lain. Rulesnya harus dibaca ya biar tidak missunderstanding.

Penginapan Dibawah 100 Ribu

sumber: the daily meal

THE STAFF SPEAK ENGLISH

Kalau kamu traveling ke luar negeri, poin yang satu ini wajib diperhatikan demi menunjang kemudahan dalam berkomunikasi. Karena, ada beberapa penginapan dibawah 100 ribu yang resepsionisnya tidak bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris. However, bahasa inggris adalah bahasa dunia. I think, there are so many hotel that use english in their service.

Sahabat explorer, itu 9 Tips Memilih Penginapan Dibawah 100 Ribu Yang Nyaman.Karena menginap dengan nyaman ketika traveling gak harus mahal. Stay travel and healthy ya. Kalau menurut kamu ada tips apa lagi untuk memilih penginapan dibawah 100 ribu yang nyaman? Tulis di kolom komentar atau lewat tulisan artikel bersama YoExplore! Kamu juga bisa melihat serunya traveling lewat instagram saya, @indahmusa!

Tentang penulis

Nur Indah Islami

Nur Indah Islami

Assalamu'alaikum.
Hallo, Nama saya Indah. Terlahir dengan passion berpergian. Sayapun senang melancong kesana kemari dengan uang seadanya sendirian, hehe. Salam kenal 🙂

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments