Gaya Hidup

8 Profesi Menguntungkan Bagi Yang Hobi Menulis!

Hobi Menulis

YOEXPLORE.CO.ID – Kegiatan menulis memang menarik, tidak sedikit orang yang ternyata memiliki hobi menulis lho!  Walau bagi sebagian orang, menulis sangat merepotkan, banyak juga yang menganggapnya sangat menyenangkan. Apakah kamu punya hobi menulis, sahabat explorer? Tahukah kamu bahwa kebiasaan ini ternyata memiliki jenjang karir yang menjanjikan? Tentu akan sangat menyenangkan jika hobi yang ditekuni ternyata mampu menjadi sumber penghasilan. 

Hobi Menulis

sumber: shutterstock

Hobi menulis yang mungkin awalnya hanya untuk menghilangkan stres jadi semakin berharga saat menjadi profesi. Kalau kata Steve Jobs sang penemu Apple, the only way to do great work is to love what you do. Akan sangat menyenangkan jika pekerjaan kita merupakan hal yang kita sukai, bukan? Berikut 8 profesi menguntungkan bagi yang punya hobi menulis!



1. Penulis Buku

Terdengar biasa saja namun ternyata profesi  bagi pemilik hobi menulis yang satu ini sangat menarik dan luas. Terdapat banyak profesi penulis buku yang bisa kamu geluti sesuai minat dan keahlian kamu, sahabat explorer. Mulai dari penulis buku cerita anak-anak, penulis novel, penulis bidang akademis, sampai penulis pidato, dan masih banyak lagi. Siapa sangka di zaman yang serba digital ini, ternyata masih banyak peminat buku bacaan?

Hobi Menulis

sumber: NME.com

Kegiatan membaca buku dikenal mampu meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir dan berimajinasi. Jika kamu memiliki hobi menulis, menekuni profesi penulis buku merupakan hal yang sangat menarik dan menyenangkan.  Keren juga kan kalau tulisanmu dicetak dalam bentuk buku dan dimiliki orang-orang? Selain rasa bangga, ada penghasilan royalti juga yang akan kamu miliki!

2. Editor

Kalau profesi yang satu ini merupakan kegiatan yang penuh tanggung jawab dan menantang. Membaca tulisan mentah lalu menyarankan perubahan dan perbaikan untuk penulis memerlukan kemampuan editing yang baik. Untuk bisa melakukan hal tersebut tentu diperlukan hobi menulis sekaligus membaca agar pekerjaan menjadi menyenangkan. Editor bertanggung jawab dalam memaksimalkan tulisan yang akan dipublikasikan. Tahukah kamu bahwa dibalik larisnya buku-buku yang sukses terjual, salah satu pihak yang memiliki andil tinggi selain penulis, adalah editor?

Hobi Menulis

sumber: US Academic Writers

Walau hanya bekerja dibalik layar, editor merupakan salah satu kunci kehebatan sebuah tulisan. Kalau penulis dianggap sebagai otaknya, editor mungkin bisa disebut sebagai tulang punggung suksesnya penerbitan buku. Dengan menjadi editor, kamu juga akan memiliki kemampuan dalam menemukan dan mengembangkan talenta penulis lho!

3. Blogger

Siapa yang tidak pernah mendengar profesi blogger? Kalau kamu hobi menulis terutama tulisan digital, tentu tidak asing dengan platform blog. Tidak sedikit pemilik hobi menulis yang bahkan mempunyai blognya sendiri lho. Blog merupakan salah satu wadah yang tepat untuk mengekspresikan opini pribadi. Tahukah kamu bahwa pandangan dan pendapat pribadimu tersebut bisa menjadi sumber penghasilan? Jika tulisanmu menarik dan berhasil meraih banyak pengunjung, kamu bisa mendaftarkan blog yang kamu miliki ke Google Adsense.

Hobi Menulis

sumber: IMPACT Inbound Marketing Agency

Selain penghasilan dari iklan-iklan, kamu juga mendapatkan keuntungan dengan menjadi wadah review bagi tempat usaha maupun produk yang ingin menggunakan jasamu untuk mengulasnya. Hal ini akan menjadi win win solution bagi tiga pihak. Kamu sebagai penulis tentu akan mendapatkan royalti. Para pembaca akan mendapatkan informasi mengenai review produk atau tempat yang mereka cari. Pengguna jasamu juga akhirnya akan mendapatkan keuntungan jika para pembaca jadi membeli produknya.

4. Travel Writer

Sahabat explorer yang punya hobi menulis dan traveling pasti akan sangat menikmati profesi yang satu ini. Travel writer mungkin merupakan salah satu profesi impian. Siapa yang tidak tertarik untuk menikmati traveling lalu menuangkannya ke dalam tulisan sebagai review sekaligus kenang-kenangan? Travel writer merupakan salah satu profesi yang banyak diidamkan para generasi milenial lho.

Mendeskripsikan suatu destinasi tujuan ke dalam tulisan merupakan kegiatan yang menantang. Namun keseruan dan manfaat yang didapatkan sangatlah banyak. Apa lagi jika sudah berhasil meraih banyak pembaca dengan tulisanmu, bisa jadi justru kegiatan travelingmu akan dibayarin. Dibayarin? Iya! Sudah dibayarin secara gratis untuk semua transportasi dan akomodasi, kamu juga akan dibayar alias mendapat honor atas review yang kamu tulis. Kurang menarik apalagi profesi yang satu ini? 

Hobi Menulis

sumber: the incidental tourist

Traveling bukan hanya sekedar tren, namun merupakan kebutuhan terutama pasca new normal pandemi COVID-19. Banyak orang yang ingin berkunjung ke tempat baru, mempelajari budaya baru, menikmati panorama alam yang indah. Namun mereka memerlukan review sebelum benar-benar pergi ke sana. Di sinilah peran travel writer dianggap penting, bahkan kamu bisa jadi merupakan orang yang pertama kali mencoba destinasi-destinasi wisata menarik tersebut lho!

5. Content Writer

Kalau yang satu ini mungkin tidak asing ditelinga ya, sahabat explorer. Sejak boomingnya profesi youtuber di Indonesia, kini kita juga mengenal profesi content creator. Sering disamakan, ternyata perbedaan content creator dan content writer hanya pada media publikasinya saja. Content creator merupakan orang yang bertanggung jawab dalam membuat konten di media digital lewat video, foto, dan lainnya. Sementara content writer merupakan orang yang menulis konten dalam bentuk artikel di sebuah blog atau website, membuat newsletter, dan masih banyak lagi.

Hobi Menulis

sumber: steady content

Salah satu dasar dari content writer tentunya adalah hobi menulis. Diperlukan kemampuan mengolah informasi dari berbagai sumber yang kemudian diulas secara menarik dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Seiring dengan perkembangan teknologi, terdapat banyak perusahaan yang memerlukan jasa content writer untuk memaksimalkan promosi produk lewat website. Menjalani profesi yang banyak dicari? Menarik kan!

6. Scriptwriter

Wah kalau profesi yang satu ini bukan hanya memerlukan hobi menulis, tetapi juga kreativitasserta hobi menghayal! Script writer atau penulis naskah skenario merupakan salah satu profesi yang sangat menarik, sahabat explorer. Profesi yang satu ini bertanggung jawab untuk menulis atau mengadaptasikan suatu alur cerita menjadi naskah.

Hobi Menulis

sumber: shutterstock

Pekerjaan tulis-menulis yang satu ini jauh lebih menantang karena memerlukan kemampuan untuk mengekspresikan tulisan secara visual. Mulai dari menuliskan gerakan, tindakan, ekspresi, sampai dialog karakter dalam sebuah format screenplay berupa video, film, sinetron atau drama, web series, dan bahkan video blog atau youtube. Seorang scriptwriter bahkan memiliki spesialisasi genre tersendiri, seperti komedi, drama, horror, dan lain-lain. Menarik, kan?

7. Jurnalis

Biasanya seseorang yang memiliki hobi menulis pasti mengincar profesi jurnalis. Kamu pasti tidak asing dengan ekstrakulikuler jurnalistik saat studi di SMP atau SMA, kan? Bahkan banyak juga universitas yang memiliki organisasi khusus jurnalistik. Jika kamu senang melakukan reportase hasil observasi saat jalan-jalan, profesi jurnalis mungkin akan sangat cocok untuk kamu. Kamu bisa bekerja sebagai jurnalis berita di televisi, radio, media cetak, atau website. Selain lewat artikel atau liputan langsung sebagai reporter, kamu juga dapat mengonversikan hasil pencarian beritamu ke dalam bentuk podcast lho!

Hobi Menulis

sumber: tempo institute

8. Content Strategist

Kalau profesi yang satu ini apa pernah kamu dengar, sahabat explorer? Content strategist merupakan salah satu profesi menarik bagi yang punya hobi menulis. Profesi yang satu ini mensinergikan kemampuan menulis dan kemampuan berkomunikasi dengan daya analisis dan perencanaan yang tinggi. Seperti cara melakukan marketing serta mengelola konten online.

Hobi Menulis

sumber: contently

Pekerjaan content strategist menerapkan prinsip dari Search Engine Optimization (SEO). Diperlukan analisis untuk mengetahui topik atau konten seperti apa yang sesuai dengan target yang ingin diraih. Jika kamu punya hobi menulis dan menyukai bidang jurnalistik, komunikasi, atau bahkan technical writing, kamu berada di jalur yang tepat untuk menjadi seorang content strategist.

Sahabat explorer, itulah 8 Profesi Menguntungkan Bagi Yang Hobi Menulis! Kira-kira kamu tertarik untuk menekuni profesi yang mana, sahabat explorer? Jika kamu bingung mau menyalurkan hobi menulis sebagai pemula, kamu bisa mulai dengan menulis artikel bersama YoExplore! Kami tunggu tulisanmu ya!

Tentang penulis

Marisa

Marisa

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE, seorang hospitality enthusiast yang menyukai seni musik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments