Berita

Berikut Adalah Faktor Orang Yang Rentan Terinfeksi Covid-19

orang yang rentan terinfeksi covid-19 - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: parismou

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, seperti yang kita ketahui, coronavirus baru yang menyebabkan penyakit Covid-19 ini memang mewabah dihampir seluruh dunia. Di Indonesia sendiri kasusnya semakin hari bertambah. Pemerintah dan juga para staf medis terus berusaha untuk menangani pasien-pasien yang sudah terinfeksi. Selain itu, beberapa cara untuk memutus mata rantai penyebaran coronavirus ini juga sudah mulai dilakukan. Salah satunya adalah diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Kemudian himbauan untuk tidak mudik, anjuran untuk bekerja di rumah dan lain sebagainya. Jika kita berbicara mengenai penyebaran coronavirus ini, maka kita akan membahas kira-kira siapa orang yang rentan terinfeksi covid-19 ini?

Orang Yang Rentan Terinfeksi Covid-19

Meski dunia sudah pernah dilanda penyakit yang disebabkan oleh virus corona yaitu MERS dan SARS, ini adalah kali pertama Bumi terhantam pandemi Covid-19. Covid-19 adalah penyakit yang baru. Banyak simpang siur mengenai penyakit yang satu ini, mulai dari gejala sampai ke faktor risikonya. Namun, para pakar dari World Health Organization (WHO) dan dari The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah menyebutkan ada beberapa faktor risiko orang yang rentan terinfeksi Covid-19 dan dapat menginfeksinya lebih parah.  

Mengutip dari situs CDC pada hari Senin 13 April 2020, berikut adalah faktor risiko orang yang rentan terinfeksi Covid-19:

  1. Mereka yang berusia di atas 65 tahun
  2. Mereka yang tinggal di panti jompo
  3. Mereka dengan beberapa kondisi medis termasuk:
  • Penyakit paru kronis dan asma akut
  • Penyakit jantung yang serius
  • Immunocompromised seperti penyakit kanker, transplantasi organ, perokok, defisiensi imun, HIV/AIDS, dan beberapa penyakit imun lainnya.
  1. Mereka yang mengalami obesitas
  2. Mereka yang diabetes
  3. Mereka dengan penyakit ginjal kronis
  4. Mereka dengan penyakit hati

Lisa Maragakis, M.D., M.P.H sebagai Senior Director of Infection Prevention di John Hopkins Medicine University menuturkan, bahwa 8 dari 10 kematian akibat Covid-19 di Amerika Serikat adalah pasien berusa di atas 65 tahun. “Sekitar 6 hingga 29 persen pasien berusia di atas 85 tahun membutuhkan perawatan intensif”, katanya seperti dikutip dari situs resmi John Hopkins University. 



Penyebab Mereka Menjadi Rentan

Tentunya ini akan menimbulkan pernyataan kenapa mereka disebut orang yang rentan terinfeksi Covid-19. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Orang yang berusia lanjut memiliki masalah kesehatan jangka panjang, dengan demikan lebih berisiko ketika terkena virus.
  2. Daya tahan tubuh seseorang berkurang ketika sudah menginjak usia senja, sehingga sulit untuk melawan infeksi.
  3. Lapisan pada paru kurang elastis pada masa tua, sehingga penyakit seperti Covid-19 cukup mematikan bagi mereka.
  4. Inflamasi pada orang usia senja bisa lebih membahayakan, dan menyebabkan kerusakan organ.

Covid-19 dan Penyakit Paru

Ketika Seseorang sudah memiliki penyakit paru akut seperti Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD), asma, fibrosis dan penyakit paru lainnya, kemungkinan besar akan menjadi lebih parah ketika terinfeksi dengan virus SARS-CoV-2 atau coronavirus baru. Penting sekali bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit paru ini untuk mendapatkan perawatan yang insentif.

Covid-19 dan Penyakit Jantung

Meski Covid-19 umumnya menginfeksi paru dan juga saluran pernapasan, organ-organ ini bekerja sama untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika paru terkena infeksi, maka jantung harus bekerja lebih keras agar “tugas” tersebut tetap berjalan dengan baik.

The American Heart Association telah menyebutkan bahwa penyakit yang mirip dengan Covid-19 dapat menimbulkan risiko serangan jantung akibat plak atau sumbatan pada pembuluh darah. Penelitian ini menyebutkan bahwa sumbatan bisa menutupi pembuluh darah secara utuh ketika tubuh terinfeksi virus seperti corona baru ini.

Covid-19 dan Diabetes

Tidak hanya penyakit paru atau jantung, seseorang yang juga menderita diabetes memiliki faktor risiko yang tinggi jika terinfeksi Covid-19. Baik diabetes tipe-1 atau tipe-2 menimbulkan peningkatan gula di dalam darah. Gula darah yang tinggi tersebut bisa memperburuk penyakit yang ada, termasuk juga dengan Covid-19. Hal ini dikarenakan tingginya gula darah berpengaruh terhadap kemampuan virus agar dapat menginfeksi seseorang. Diabetes juga meningkatkan risiko inflamasi dan memperburuk daya tahan tubuh seseorang.

Baca Juga: Berikut Adalah Fakta Tentang Penyembuhan Covid-19

Sahabat explorer, seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa lansia memang termasuk orang yang rentan terinfeksi Covid-19 ini. Oleh karena itu, sebagai muda-mudi, kita harus mengingatkan dan menjaga orang tua kita dengan cara menganjurkannya untuk tetap #dirumahaja dan makan makanan yang baik untuk imunitas tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya. Stay safe, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments