Berita

Menjelang 17 Agustus, Kalian Ingat Tokoh Proklamasi Ini?

tokoh proklamasi Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, sekarang kita sudah memasuki bulan Agustus. Sejarah terjadi pada bulan ini. Apalagi kalau bukan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Perjuangan selama ratusan tahun sudah dilakukan bangsa ini untuk mengusir penjajah dari tanah Nusantara. Tidak hanya tumpah darah saja, namun pengorbanan lainnya secara materi dan immateril sudah dilakukan oleh para pejuang kita. Baik dengan fisik atau dengan pikiran, jasa para pejuang ini tidak bisa kita hilangkan atau biarkan tenggelam begitu saja. Sampai kapan pun jasa para pejuang dan tokoh proklamasi Indonesia ini harus dikenang. Tanpa adanya mereka, kita juga belum tentu bisa merdeka seperti sekarang ini! 

Tokoh Proklamasi Indonesia

Proklamasi ini juga tidak lahir dengan mudah, Sahabat explorer. Banyak sekali kejadian sebelum proklamasi ini dibacakan dengan lantang oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pada waktu itu tepatnya 17 Agustus tahun 1945. Banyak tokoh yang terlibat dalam keberhasilan proklamasi ini. Tidak hanya Soekarno seorang saja, masih banyak orang lain yang memiliki peran penting akan lahirnya hari kemerdekaan Indonesia ini. Sebagai generasi baru, kita memang berkewajiban untuk meneruskan perjuangan bangsa ini dengan cara yang lain tentunya. Selain itu, sudah menjadi kewajiban kita juga untuk memperingati dan juga mengenang lagi jasa para tokoh tersebut. Kira-kira ada siapa saja? Mari langsung kita simak ulasannya!

Baca Juga: Tokoh Pejuang Kemerdekaan Ini Sudah Hampir Terlupakan!



1. Frans Mendur & Alex Mendur

tokoh proklamasi Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idTokoh yang pertama adalah kakak-beradik Frans dan juga Alex Mendur. Tanpa mereka, mungkin sekarang kita tidak bisa melihat foto yang sangat fenomenal, saat Bung Karno sedang membacakan teks proklamasi pada 17 Agustus 1945. Mereka berdua adalah satu-satunya juru foto pada saat teks proklamasi ini dibacakan. Ada sedikit cerita nih, Sahabat explorer. Beberapa waktu setelahnya, Alex berhasil ditangkap oleh tentara Jepang dan tentara tersebut merampas kamera milik Alex. Namun, beruntung bagi Frans yang waktu itu berhasil lolos dari tangkapan tentara Jepang. Frans mengubur negatif fotonya di bawah pohon dan mengaku kepada tentara Jepang bahwa fotonya sudah dirampas oleh barisan pelopor.

Pada waktu itu, Frans hanya sempat mengambil foto tiga kali saat Bung Karno sedang membacakan teks proklamasinya dan juga dua foto pengibaran bendera. Kita harus berterimakasih kepada mereka, jasa mereka pada akhirnya membuat kita dapat melihat foto yang sangat bersejarah ini. 

2. B.M Diah

tokoh proklamasi Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idTokoh proklamasi Indonesia yang selanjutnya adalah B.M Diah atau Burharuddin Mohammad Diah yang juga berjasa dalam kemerdekaan Republik Indonesia. Mungkin namanya tidak banyak diketahui ya, Sahabat explorer. Memang, tokoh yang satu ini tidak terlalu banyak diekspos. 

B.M Diah merupakan salah satu tokoh pers, pejuang kemerdekaan, diplomat, dan juga pengusaha di Indonesia. B.M Diah lahir di Banda Aceh tanggal 7 April 1917 dan meninggal pada tanggal 10 Juni 1996 di Jakarta. Sebelum adanya telepon dan juga sarana penyiaran yang merata, beliau yang merupakan seorang wartawan memegang peranan penting dalam menyiarkan proklamasi ke seluruh Nusantara. Berkat beliau, akhirnya kemerdekaan Indonesia ini bisa diketahui oleh seluruh pelosok penjuru Nusantara. 



3. Syahruddin

tokoh proklamasi Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Syahruddin. Beliau juga termasuk salah satu orang yang berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Syahruddin merupakan seorang telegraphis yang bekerja untuk kantor berita Jepang (DOMEI). Meski dia bekerja di kantor Jepang, dia tetap mengabarkan berita proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia dengan cara sembunyi-sembunyi. Tanpa jasa dia, berita kemerdekaan Republik Indonesia tidak akan cepat tersebar luas ke seluruh dunia. 

Wah, terbayang kan bagaimana deg-degannya menjadi seorang Syahruddin yang secara sembunyi-sembunyi menyebarkan berita luar biasa itu? Jadi, jasanya tidak bisa disepelekan, Sahabat explorer. Tentunya dibutuhkan nyali yang amat besar. Kalau ketahuan, bukan hanya dipecat saja, mungkin bisa jadi lebih parah. Terima kasih sekali lagi, Bung Syahruddin!

4. Achmad Soebardjo

tokoh proklamasi Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idYang selanjutnya adalah Achmad Soebardjo. Beliau juga merupakan salah satu tokoh proklamasi Indonesia yang perannya tidak kalah penting pada waktu itu. Beliau merupakan Menteri Luar Negeri yang pertama untuk Indonesia. Namun, apa sih perannya Achmad Soebardjo ini? Peran beliau sangat krusial. Beliau adalah tokoh yang berunding dengan para pemuda yang menculik Soekarno dan Moh.Hatta. Achmad berhasil meyakinkan para pemuda tersebut untuk mengembalikan Soekarno dan Hatta ke Jakarta. Wah, kalau tidak ada beliau, kira-kira bagaimana ya ceritanya? Bisa jadi berbeda dengan sekarang yang kita ketahui, Sahabat explorer!

5. Abdul Latif Hendraningrat

tokoh proklamasi Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idMungkin, tidak banyak yang mengetahui peran dari salah satu tokoh proklamasi Indonesia yang satu ini, yaitu Abdul Latif Hendraningrat. Beliau adalah orang yang ditunjuk untuk menggerek bendera merah putih saat proklamasi dan didampingi oleh Soehoed Sastro Koesoemo yang merupakan seorang pemuda dari barisan pelopor. Beliau lahir di Jakarta tanggal 15 Februari 1911 dan meninggal di Jakarta, 14 Maret 1983 pada umur 72 tahun. Abdul Latif adalah seorang prajurit PETA berpangkat Sudanco (komandan Kompi). 

6. Fatmawati Soekarno

tokoh proklamasi Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.idBeliau adalah istri dari Presiden Soekarno yang juga memiliki peranan penting terhadap proklamasi Indonesia. Fatmawati juga dikenal akan jasanya dalam menjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang turut dikibarkan pada saat itu dalam upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sahabat explorer, itulah beberapa tokoh proklamasi Indonesia yang berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Jasa mereka tidak boleh kita lupakan begitu saja, ya, Sahabat explorer. Masih banyak juga tokoh lainnya yang berperan dalam kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu, banyak-banyak baca buku sejarah ya agar kita tidak lupa dengan sejarah sendiri. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mengikuti protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Stay safe and have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments