Gaya Hidup

Perlengkapan Memanah Yang Harus Kalian Punya!

perlengkapan untuk memanah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: pasberita

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, memanah merupakan salah satu cabang olahraga yang lumayan diminati di Indonesia. Banyak lahir para pemanah hebat di Indonesia yang akhirnya bisa menjuarai kompetisi nasional dan juga internasional. Sejarah panahan memang tak banyak yang tahu bahwa sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Panahan awalnya dilakukan dan digunakan sebagai metode berburu pada zaman dahulu, namun kemudian berkembang sebagai sebuah olahraga ketepatan. Dalam olahraga memanah, bukan hanya busur dan anak panah yang diperlukan karena cabang olahraga yang satu ini merupakan sebuah aktivitas dengan perlengkapan yang cukup banyak. Untuk itu, ada beberapa perlengkapan untuk memanah yang harus kalian punya dan ketahui jika ingin menggeluti bidang olahraga yang satu ini.

Perlengkapan Untuk Memanah

Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya yuk sahabat explorer. Kira-kira ada apa saja ya? Cekidot!

Baca Juga: Tips Beli Pulsa Murah, Praktis, dan Cepat buat Anak Muda



1. Busur Panah

Perlengkapan untuk memanah yang pertama adalah busur panah. Seorang pemanah atau calon pemanah memang wajib memiliki busur panah yang bisa juga disebut dengan istilah bow. Mengapa busur merupakan yang utama dalam aktivitas panahan? Ini karena busur adalah faktor yang digunakan sebagai penentu anak panah yang seperti apa. Busur dan anak panah juga harus selalu serasi karena jika tidak serasi, maka ini dapat menjadi pemicu tembakan yang dilepaskan tidak bisa maksimal. Bahkan ketidakcocokan antara busur serta anak panahnya mampu menghambat tembakan dengan demikian tidak bisa kena sasaran yang sudah ditentukan. Ada 2 jenis busur yang umum dan paling utama, yaitu Recurve bow dan juga Single piece bow.

Komunitas memanah biasanya juga menggunakan salah satu atau dua dari jenis busur panah itu, namun jika ingin memilih busur dengan kenyamanan yang baik, sangat direkomendasikan untuk memilih busur fiberglass. Atau paling tidak, kalian bisa memilih menggunakan busur yang telah dilaminasi. Busur yang telah dilaminasi artinya adalah busur yang telah diberikan pelapis khusus.

Bagi kalian yang pemula, informasi yang satu ini harus digali lebih dalam lagi ya sahabat explorer. Agar kalian tidak salah pilih!

2. Anak Panah

Perlengkapan untuk memanah yang selanjutnya adalah anak panah. Tentu saja tidak lengkap tanpa adanya perlengkapan yang satu ini sahabat explorer. Istilah lain bagi anak panah tersebut adalah arrow dan anak panah inilah yang kita tembakkan menggunakan busur panah sehingga olahraga ini disebut juga sebagai Panahan. Keberadaan perlengkapan ini sangatlah wajib dan mutlak meski memang jenis anak panah berbeda-beda sekaligus juga dalam penerapannya.

Ada 3 jenis anak panah yang paling umum digunakan, yaitu : anak panah fiberglass, anak panah kayu dan juga anak panah dari alumunium. Jenis terakhir yang biasa paling sering digunakan oleh para pemanah apalagi dalam lomba-lomba atau olimpiade. Fleksibilitasnya yang tinggi menjadi nilai plus bagi para pemanah untuk memilih anak panah yang satu ini.



3. Tali Busur

Perlengkapan untuk memanah yang selanjutnya adalah tali busur. String atau tali busur merupakan perlengkapan atau peralatan panahan selanjutnya yang sama penting dan wajibnya dengan busur panah sahabat explorer. Busur panah tanpa tali busur apalah artinya sahabat? Apabila kalian seorang pemanah pemula, cukup gunakan string yang dibuat dari Dacron saja sudah cukup dengan serving center dimana nilon sebagai bahan dasarnya.

Mengapa harus tali busur Dacron? Umumnya, bahan string atau tali busur tidak begitu fleksibel dan dalam penggunaannya perlu ada teknik khusus yang dilakukan. Bahan tali busur yang pada umumnya terbuat dari monofilament nylon dan bisa membuat para pemanah pemula tidak nyaman karena selama penggunaan, jari-jari akan ikut sakit serta kerap menjadi pemicu teknis lainnya.

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan untuk memanah yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments