Berita & Acara

Tidak Mendapatkan Kartu Prakerja? Kamu Bisa Mendapatkan Pelatihan Sejenis Secara Gratis Di Youtube!

materi pelatihan kartu prakerja - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: kabar24bisnis
Spread the love


YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, di dunia maya sekarang sedang heboh mengenai pembahasan program Kartu Prakerja yang diberlakukan oleh pemerintah. Ada yang menganggap bahwa program ini untuk menggaji pengangguran dan sebagainya. Padahal, asumsi tersebut salah, sahabat explorer. Kartu Prakerja ini untuk mempersiapkan bagi mereka yang ingin terjun ke dunia pekerjaan. Kartu ini berlaku bagi mereka yang umurnya mulai dari 18 tahun dan juga mereka yang terkena PHK di tengah pandemi coronavirus ini. Ada beberapa materi pelatihan Kartu Prakerja yang juga sedang ramai dibahas oleh para Netizen. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa materi tersebut juga sudah ada di Youtube, sahabat explorer. 

Materi Pelatihan Kartu Prakerja

Tidak heran jika hal ini menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Oleh karena itu, ini merupakan ‘angin segar’ bagi kamu yang tidak bisa mendapatkan materi pelatihan Kartu Prakerja. Beberapa video berikut ini akan menjelaskan beberapa materi yang mirip dengan yang diberikan oleh program Kartu Prakerja tersebut. Mari langsung kita simak ulasannya, sahabat explorer!

Baca Juga: Suka Fotoin Makanan Pake HP? Nih Ada Tipsnya!



1. Materi Bahasa Inggris Untuk Driver Online

Yang pertama adalah materi belajar Bahasa Inggris untuk para ojek dan taksi online. Materi ini memang sangat dibutuhkan bagi para driver yang mungkin sering mengangkut penumpang orang asing. Di video yang akan kami tampilkan di bawah ini, kamu akan diberi contoh kalimat yang tepat untuk setiap dialog yang umum dilakukan oleh para driver dan customer. Berikut adalah videonya:

2. Membuat Pempek

Di program Kartu Prakerja juga terdapat bagaimana cara membuat pempek. Mungkin ini dikhususkan bagi kamu yang memang ingin membuka usaha kecil menengah dengan berjualan pempek. Makanan yang satu ini memang sudah sangat terkenal dan disukai masyarakat hampir di seluruh Indonesia. Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara membuatnya, kamu bisa buka tautan di atas, atau langsung lihat cara pembuatannya dengan mengklik video di bawah ini:

Mudah membuatnya dan juga mudah mencari bahan-bahannya, sahabat explorer. Jadi, bagi kamu yang bingung mau bisnis apa di tengah pandemi corona ini, membuat pempek bisa menjadi solusinya. Kamu bisa berjualan secara online karena kurir pengiriman baik transportasi online atau pengiriman harian seperti JNE masih diizinkan beroperasi di masa PSBB ini, sahabat explorer. Langsung pelajari cara membuatnya, ya!



3. Latihan Soal CPNS

Selanjutnya dalam materi pelatihan Kartu Prakerja juga adalah tentang latihan soal untuk tes CPNS. Kamu akan belajar dan juga diberikan kisi-kisi mengenai tes CPNS tersebut, sahabat explorer. 

Ternyata, materi yang satu ini juga bisa kamu temukan secara gratis di Youtube. Berikut adalah videonya:

4. Membuat Masker Anti Corona

Yang selanjutnya adalah membuat masker anti corona yang memang secara kebetulan juga sedang mewabah di Indonesia. Hal ini sangat penting dan bisa menjadi peluang bisnis bagi kamu. Selain itu, kamu juga bisa membantu mengurangi pemakaian masker medis yang memang lebih dibutuhkan oleh para pekerja di rumah sakit. Kamu bisa melihat tutorial pembuatan masker tersebut di video di bawah ini:

Dengan modal yang murah, kamu bisa menjual masker ini ke pasaran, sahabat explorer. Lumayan sekali untuk pendapatan harian. Kamu bisa menjualnya secara online melalui Platform yang tersedia. 

5. Pelatihan Menjadi Barista

Yang selanjutnya adalah pelatihan menjadi Barista. Singkatnya, Barista adalah orang yang membuat dan mengemas minuman olahan dari kopi. Jenis pekerjaan yang satu ini memang sedang tren, sahabat explorer. Membludaknya kedai kopi di Indonesia, menjadi peluang bagi mereka yang ingin terjun dalam bidang ini sebagai Barista. 

Ternyata, kamu juga bisa mendapatkan pelatihan secara gratis melalui video yang ada di Youtube, sahabat explorer. Berikut adalah salah satunya:

Kamu bisa langsung coba, sahabat explorer, walaupun memang harus membeli alatnya terlebih dahulu untuk latihan di rumah.

6. Kursus Microsoft Excel

Selanjutnya adalah kursus untuk Microsoft Excel. Cocok sekali bagi kamu yang memang ingin bekerja di bagian administrasi keuangan, karena Excel sudah menjadi kewajiban. Tanpa mendapatkan program Kartu Prakerja, kamu juga bisa mendapatkan pelajaran Excel di video di bawah ini:

7. Membuat Game

Membuat game atau permainan juga salah satu pekerjaan yang sekarang banyak digandrungi oleh kaum muda. Program Kartu Prakerja memberikan tutorial pelatihan tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan tutorialnya secara gratis di Youtube di bawah ini:

8. Membuat Iklan Di Twitter

Selanjutnya adalah berhubungan dengan Digital Marketing yaitu mengenai iklan di sosial media. Tepatnya adalah sosial media Twitter yang memang masih banyak peminatnya di Indonesia. Berikut adalah tutorial gratisnya di Youtube:

9. Design Grafis

Program Kartu Prakerja juga memberikan pelatihan mengenai desain grafis untuk pemula. Hal ini juga memang menjadi salah satu jenis pekerjaan yang penting di masa sekarang dan masa depan. Berikut adalah videonya yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma di Youtube:

10. Interior Design

Selanjutnya adalah Interior Design. Pekerjaan yang satu ini juga sedang berkembang di tengah maraknya pembangunan di Indonesia. Setelah pandemi corona, pekerjaan yang satu ini juga pasti semakin banyak digandrungi oleh kamu muda. Tak heran bilaprogram Kartu Prakerja juga memberikan pelatihannya. Namun, bagi kamu yang tidak bisa mendapatkan bantuan tersebut, silahkan simak video di bawah ini:

11. Menjahit

Selanjutnya adalah kursus menjahit. Kalau dengan Kartu Prakerja, kamu akan diberi pelatihan menjahit bersama Poppy dan Sapta de Lucas. Namun, kamu juga bisa mendapatkan yang gratisan di video di bawah ini, sahabat explorer:

12. Pelatihan Memulai Bisnis

Selanjutnya adalah pelatihan mengenai memulai bisnis tanpa ada rasa takut gagal. Ini juga sangat penting untuk menumbuhkan mental bisnis untuk masyarakat, sahabat explorer. Kamu bisa melihat video di bawah ini:

13. Memilih Badan Usaha Untuk UMKM

Ini juga penting bagi kamu yang ingin terjun bisnis sebagai pengusaha UMKM. Kamu harus mengetahui kita-kira badan usaha apa yang cocok untuk mengelola bisnis kamu, sahabat explorer! Simak ulasannya di bawah ini:

14. Mengelola Keuangan UMKM

Bisnis UMKM juga perlu dikelola keuangannya dengan baik, sahabat explorer. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar keuangan kamu tetap terpisahkan antara pribadi dan keperluan bisnis. Simak ulasannya di bawah ini ya:

15. Mengelola Stress

Yang selanjutnya adalah untuk mengelola stress. Setiap pekerjaan pasti memiliki tingkat stressnya tersendiri. Oleh karena itu, kamu juga diwajibkan untuk bisa mengelola stress tersebut, sahabat explorer. Kira-kira ada apa saja? Berikut adalah tutorialnya:

https://www.youtube.com/watch?v=pfW6mP_9qOA

Sahabat explorer, itulah beberapa materi pelatihan Kartu Prakerja yang bisa kamu temui di Youtube. Walaupun memang serupa, namun belum bisa disimpulkan bahwa materi yang disampaikan di program Kartu Prakerja sama dengan yang ada di Youtube. Bisa jadi metodenya berbeda, sahabat explorer. Dengan program Kartu Prakerja tersebut kamu bisa lebih interaktif dan juga ada tanya jawab. 

Semoga artikel ini bermanfaat, tetap #dirumahaja, dan stay safe, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah kontributor untuk majalah YOEXPLORE pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x